• Gedung Fateta IPB, Dramaga, Bogor

  • 0251-8627225

  • sil@apps.ipb.ac.id

Program Sarjana

A.   Profil

Program Studi S1 Teknik Sipil dan Lingkungan (PS SIL) memperoleh akreditasi pertama pada tahun 2011 berdasarkan keputusan BAN-PT No.047/SK/BAN-PT/Ak-XIV/S1/XII/2011. Menjelang berakhirnya masa berlaku akreditasi, PS S1 SIL menyusun kembali dokumen untuk pengajuan akreditasi. Pada tanggal 1 Desember 2016 PS S1 SIL berhasil memperoleh akreditasi A berdasarkan keputusan BAN-PT No. 2956/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2016. Akreditasi ini berlaku sampai 1 Desember 2021.

PS S1 SIL melakukan pengembangan dan peninjauan kurikulum secara periodik dan mandiri dengan melibatkan semua pemangku kepentingan baik internal maupun eksternal dengan mempertimbangkan visi dan misi departemen dan program studi, umpan balik, serta perkembangan ilmu dan teknologi, terutama di bidang teknik sipil dan lingkungan. Peninjauan ini telah dilakukan melalui kegiatan lokakarya kurikulum pada tahun 2012, 2015 dan 2017. Pada tahun 2012, PS S1 SIL melakukan lokakarya pendidikan dalam rangka pengembangan kurikulum berbasis Outcomes Based Education (OBE) mengacu pada kurikulum inti Teknik Sipil dari Badan Musyawarah Perguruan Tinggi Teknik Sipil Seluruh Indonesia (BMPTTSSI) dan Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Penyelenggara Teknik Lingkungan Indonesia (Bakerma TL). Kurikulum berbasis OBE baru diterapkan pada mahasiswa PS SIL yang masuk ke IPB tahun ajaran 2014/2015 sesuai SK Rektor No. 326/IT3/DT/2014. Finalisasi kurikulum berbasis OBE ini dilakukan kembali pada tahun 2015 khususnya dalam penyiapan kelengkapan dokumen mata kuliah (MK) dan total SKS minimum sebagai syarat untuk dapat lulus dari Program Studi SIL adalah 145 SKS. Pada tahun 2017 dilakukan kembali lokakarya pendidikan sehubungan dengan dikeluarkannya SK Rektor IPB No 3/IT3/PN/2017 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) bagi Mahasiswa Program Sarjana dan Profesi Institut Pertanian Bogor. Berdasarkan SK Rektor IPB tahun 2017 tersebut maka mahasiswa program S1 IPB wajib untuk melaksanakan Program KKN-T. Sehubungan dengan itu maka terjadi perubahan kurikulum dan SKS MK pada PS SIL, yaitu MK Praktik Lapangan yang sebelumnya 3 SKS diubah menjadi 2 SKS dan penambahan MK KKN-Tematik dengan 3 SKS. Dengan demikian total SKS minimum untuk dapat lulus dari PS SIL adalah 147 SKS. Perubahan kurikulum ini mulai diberlakukan untuk mahasiswa baru PS SIL yang masuk ke IPB pada tahun ajaran 2015/2016.

PS S1 SIL saat ini memiliki 320 mahasiswa yaitu 93 mahasiswa di tingkat pertama pada Program Peningkatan Kompetensi Umum (PPKU), 80 mahasiswa di tingkat 2 (semester 4) , 76 mahasiswa di tingkat 3 (semester 6) dan 71 mahasiswa di tingkat 4 (semester 8). PS S1 SIL  sampai Januari 2019 sudah meluluskan 7 angkatan atau sebanyak 447 lulusan, sejak pertama kali meluluskan mahasiswa pada tahun 2012, termasuk 55 lulusan dari angkatan pertama yang menggunakan kurikulum berbasis OBE (angkatan 2014/2015).  Dari 55 lulusan tersebut (79% dari angkatan 2014/2015) sebanyak 25 orang lulus pada bulan Juli dan Agustus 2018 (semester genap 2017/2018)  dan 30 orang lulus pada bulan September 2018 – Januari 2019 (semester ganjil 2018/2019). Hasil pelacakan lulusan (tracer study) yang telah dilakukan melalui beberapa cara seperti pengembangan database alumni, penyebaran kuesioner untuk alumni dan pengguna melalui berbagai media, dan pengembangan website alumni Departemen SIL,  menunjukkan bahwa hampir 80% alumni PS S1 SIL bekerja pada bidang yang sesuai dengan keahliannya. Profil Program S1 SIL IPB

B.   Visi dan Misi

VISI

“ Menjadi program studi yang unggul dengan kualitas lulusan yang kompeten dan berdaya saing khususnya di bidang Teknik Sipil dan Lingkungan ”

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi program sarjana yang berkualitas, yang secara efektif dan efisien mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing
  2. Meningkatkan secara terus menerus mutu penyelenggaraan pendidikan untuk memberikan layanan yang terbaik kepada seluruh pemangku kepentingan
  3. Meningkatkan kerjasama dengan berbagai institusi di dalam dan luar negeri untuk menunjang kegiatan pendidikan

C.   Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan di bidang teknik sipil dan lingkungan yang kompeten dan memiliki daya saing yang kuat dalam pasar kerja global.
  2. Mengembangkan penelitian-penelitian inovatif, dasar, terapan, dan strategis untuk mendukung proses belajar-mengajar serta pengembangan ilmu dan teknologi yang sejalan dengan kebutuhan dan tantangan di masyarakat.
  3. Mengimplementasikan penemuan-penemuan di bidang teknik sipil dan lingkungan dalam menjawab masalah masyarakat dan untuk memperkaya proses pendidikan.

D.   Rumusan Profil Lulusan (Profil Profesional Mandiri/PPM)

Adapun profil lulusan Program Studi Teknik Sipil dan Lingkungan IPB adalah sebagai berikut :

  • Memiliki kemampuan dalam bidang keteknikan untuk kegiatan identifikasi, perancangan, pelaksanaan/pembangunan dan pemeliharaan struktur dan infrastruktur, sumberdaya air, polusi dan sanitasi lingkungan, serta memiliki dasar yang kuat untuk menempuh pendidikan lanjut
  • Memiliki kemampuan dan dasar yang kuat dalam menggunakan perangkat teknologi terkini dalam menginterpretasikan data dan informasi untuk bekerja di berbagai bidang profesi teknik sipil dan lingkungan
  • Memiliki kemampuan manajerial, berkomunikasi dan bekerjasama dalam kelompok untuk meningkatkan kompetensi di bidang teknik struktur, infrastruktur, sumberdaya air, lingkungan, dan geomatika sesuai standar yang berlaku dengan menjunjung etika profesi.

E.   Capaian Pembelajaran ( Learning Outcome )

  1. Menguasai pengetahuan dasar matematik, sains, teknik dan proses serta K3 (kesehatan dan keselamatan kerja) untuk bidang teknik sipil dan lingkungan.
  2. Mampu mengidentifikasi dan memformulasikan permasalahan struktur dan infrastruktur, sumberdaya air, serta polusi dan sanitasi lingkungan.
  3. Menguasai pengetahuan teknik konstruksi untuk bidang teknik sipil dan lingkungan.
  4. Mampu merancang, melaksanakan dan mengoperasikan serta memelihara bangunan teknik sipil yang berwawasan lingkungan.
  5. Mampu menggunakan teknik (technique), keterampilan dan perangkat yang terkini untuk menyelesaikan masalah bidang teknik sipildan lingkungan.
  6. Mampu menganalisis dan menginterpretasikan data dan informasi serta mengambil keputusan yang tepat untuk menyelesaikan masalah bidang teknik sipil dan lingkungan.
  7. Mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi datam bidangteknik sipil dan lingkungan.
  8. Mampu menjadi pemimpin dan mampu bekerja secara mandiri maupun berkelompok
  9. Mampu berkomunikasi secara efektif dan menjalin jejaring.
  10. Menggunakan prinsip profesionalisme datam bekerja.
  11. Mempunyai tanggung jawab agama, sosial, budaya dan lingkungan.

F.   Konsep Rancangan Kurikulum Program Studi

Program Studi  S1 Teknik Sipil dan Lingkungan melakukan pengembangan dan peninjauan kurikulum secara periodik dan mandiri dengan melibatkan semua pemangku kepentingan baik internal maupun eksternal dengan mempertimbangkan visi dan misi departemen dan program studi, umpan balik, serta perkembangan ilmu dan teknologi, terutama di bidang teknik sipil dan lingkungan. Pada tahun 2012, PS S1 SIL melakukan lokakarya pendidikan dalam rangka perancangan kurikulum berbasis Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) atau outcomes based education (OBE). Penyusunan rancangan ini dilakukan dengan mengevaluasi masalah-masalah yang terkait dengan implementasi kurikulum secara umum, pengembangannya pada masa yang akan datang serta penaatan (compliance) terhadap peraturan terbaru seperti Peraturan Presiden (Perpres) No. 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Selanjutnya, profil profesional mandiri disusun sesuai dengan capaian pembelajaran lulusan (CPL) yang diharapkan. Rancangan capaian pembelajaran lulusan ini selanjutnya menjadi dasar pengembangan kurikulum dengan mengacu pada kurikulum inti Teknik Sipil dari Badan Musyawarah Perguruan Tinggi Teknik Sipil Seluruh Indonesia (BMPTTSSI) dan Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Penyelenggara Teknik Lingkungan Indonesia (Bakerma TL). Pemantapan kurikulum berbasis CPL ini dilakukan kembali pada tahun 2015 dan 2017 dan mulai diterapkan kepada mahasiswa yang masuk pada tahun 2014 ke IPB sesuai SK Rektor No. 326/IT3/DT/2014. Kurikulum PS Teknik Sipil dan Lingkungan dalam rangka mencapai CPL secara lengkap disajikan pada Tabel dibawah.

Mata Kuliah PPKU (Program Pendidikan Kompetensi Umum)

No Kode Kuliah Nama Mata Kuliah
SKS
  Semester 1
   
1. IPB107  Pengantar Ilmu Pertanian 2(2-0)
2. IPB108  Bahasa Inggris 3(2-2)
3. IPB111  Pendidikan Pancasila 2(1-2)
4. IPB112  Olahraga dan Seni 1(0-3)
5. AGB100  Pengantar Kewirausahaan 1(1-0)
6. FIS100  Fisika 3(2-3)
7. KPM130  Sosiologi Umum 3(2-2)
8. MAT100  Pengantar Matematika 3(2-2)
    Sub Total SKS 18
  Semester 2
   
1. IPB100-104 atau IPB110  Agama 3(2-2)
2. IPB106  Bahasa Indonesia 2(1-2)
3. MAT103  Kalkulus 3(2-2)
4. BIO100  Biologi Dasar 3(2-3)
5. EKO100  Ekonomi Umum 3(2-2)
6. KIM101  Kimia 3(2-3)
    Sub Total SKS 17

Mata Kuliah Mayor Program Studi

No Kode Kuliah Nama Mata Kuliah
SKS
  Semester 3    
1. SIL203  Gambar Teknik Konstruksi 3(2-1)
2. SIL205  Mekanika Fluida dan Hidrolika 1 3(2-1)
3. SIL206  Statistika Teknik dan Probabilitas 2(2-0)
4. SIL207  Mekanika Bahan 3(3-0)
5. SIL214  Pengetahuan Bahan Konstruksi 2(2-0)
6. SIL221  Pengantar Analisis Daur Hidup 2(2-0)
7. SIL231  Hidrologi Teknik 3(2-1)
8. SIL241  Ilmu Ukur Tanah 2(1-1)
    Sub Total SKS 20
  Semester 4    
1. SIL208  Desain Berbantu Komputer (CAD)  3(2-1)
2. SIL209  Mekanika Fluida dan Hidrolika II 2(2-0)
3. SIL211  Mekanika Tanah 3(2-1)
4. SIL215  Analisis Struktur 1 2(2-0)
5. SIL216  Praktikum Pengetahuan Bahan Konstruksi 1(0-1)
6. SIL222  Pengelolaan Kualitas Udara 2(2-0)
7. SIL243  Teknik Radar dan Interferometri 3(2-1)
    Sub Total SKS 16
  Semester 5    
1. SIL315  Analisis Struktur II 3(2-1)
2. SIL316  Teknik Pondasi 2(2-0)
3. SIL317  Konstruksi Beton I 3(2-1)
4. SIL318  Konstruksi Baja I 2(2-0)
5. SIL323  Teknik Pengelolaan dan Suplai Air 2(1-1)
6. SIL326  Praktikum Teknik Lingkungan Terpadu I 1(0-1)
7. SIL334  Teknik Pengembangan Sumber Daya Air 2(2-0)
8. SIL343  Teknik Konservasi Tanah dan Air 2(2-0)
    Sub Total SKS 17
  Semester 6    
1. SIL319  Konstruksi Beton II 2(2-0)
2. SIL310  Konstruksi Baja II 2(2-0)
3. SIL320  Teknik Pengelolaan Limbah Cair 3(2-1)
4. SIL327  Praktikum Teknik Lingkungan Terpadu II 1(0-1)
5. SIL328  Polusi Tanah dan Air Bawah Tanah 2(2-0)
6. SIL329  Teknik Pengelolaan Limbah Padat dan B3 2(2-0)
7. SIL335  Teknik Irigasi 3(2-1)
8. SIL351  Teknik Jalan 2(2-0)
9. SIL398  Penyajian Ilmiah 1(1-0)
    Sub Total SKS 18
  Semester 7    
1. SIL410  Dinamika Struktur 3(2-1)
2. SIL414  Praktikum Bahan Perkerasan Jalan 1(0-1)
3. SIL415  Perancangan Bangunan 2(2-0)
4. SIL416  Manajemen Proyek Konstruksi 3(2-1)
5. SIL425  Praktikum Teknik Lingkungan Terpadu III 1(0-1)
6. SIL426  Teknik Green Building 1(1-0)
7. SIL432  Bangunan Hidrolika 3(2-1)
8. SIL433  Teknik Drainase 2(2-0)
9. SIL441  Perancangan Spasial 2(2-0)
    Sub Total SKS 18
  Semester 8    
1. SIL498  Seminar 1
2. SIL499  Skripsi 6
    Sub Total SKS 7

Mata Kuliah Interdep

No Kode Kuliah Nama Mata Kuliah SKS Semester
1. FTP200  Pengantar Teknologi Pertanian 2(2-0) 2
2. TMB207  Matematika Teknik 3(2-1) 4
3. HHT433  Rekayasa Konstruksi Kayu 3(2-1) 5
4. FTP402  Kuliah Kerja Nyata (KKN-T) 3 6
5. FTP401  Praktik Lapangan 2 7
    Sub Total SKS 13  

Mata Kuliah Mayor Pilihan atau Suporting Course (SC)

No Kode Kuliah Nama Mata Kuliah SKS Semester
1. SIL242  Ilmu Ukur Wilayah 2(1-1) Genap
2. SIL417  Alat Berat Konstruksi 2(2-0) Ganjil
3. SIL427  Teknik Kendali Lingkungan 3(2-1) Ganjil
4. SIL434  Pengelolaan Sumber Daya Air 2(2-0) Ganjil
5. SIL442  Aplikasi Sistem Informasi Geografis 3(2-1) Ganjil
6.    Mata Kuliah SC 3 Ganjil

*) MK SC maksimal 3 SKS

Total SKS PPKU 35
Total SKS Interdep 13
Total SKS Mayor dan SC 99
Total SKS Keseluruhan 147
G. Road Map Pencapaian Tiap-Tiap Capaian Pembelajaran
Capaian Pembelajaran (CP)

Sub-Capaian Pembelajaran (SCP) (*)

Hubungan antara CP/SCP dengan kriteria (a) hingga (j)

Indikator kinerja capaian

Metode Pengukuran Capaian Pembelajaran

Rencana Jadwal Pengukuran Capaian Pembelajaran

(A)  Menguasai pengetahuan dasar matematik, sain, teknik dan proses serta K3 (kesehatan dan keselamatan kerja) untuk bidang teknik sipil dan lingkungan

(A-1) Menguasai pengetahuan dasar matematika

 

(a)    XX

(A-1) tercapai jika mahasiswa lulus mata kuliah MAT100, MAT103, TMB207, SIL205, SIL206, SIL209

Metode pengukuran capaian (A-1): pengukuran capaian pembelajaran dilakukan melalui ujian tulis (UTS, UAS), tugas, quiz, dan ujian praktikum

Pengukuran dilakukan pada semester 1, 2, 3, 4 pada mata kuliah tersebut.

(A-2) Menguasai pengetahuan dasar sains

(a)    XX

(A-2) tercapai jika mahasiswa lulus mata kuliah FIS100, BIO100, KIM101, IPB107,  

Metode pengukuran capaian (A-2): pengukuran capaian pembelajaran dilakukan melalui ujian tulis (UTS, UAS), tugas, quiz, dan ujian praktikum

Pengukuran dilakukan pada semester 1 dan 2

(A-3) Menguasai dasar teknik dan proses

(a)   XX

(A-3) tercapai jika mahasiswa lulus mata kuliah FTP200, TMB207, SIL203, SIL205, SIL209, SIL207, SIL208, SIL211, SIL214, SIL221, SIL231, SIL241, SIL243

Metode pengukuran capaian (A-3): pengukuran capaian pembelajaran dilakukan melalui ujian tulis (UTS, UAS), tugas, quiz, dan ujian praktikum

Pengukuran dilakukan pada semester 2, 3, 4 pada mata kuliah tersebut.

(A-4) Menguasai pengetahuan dasar K3 (kesehatan dan keselamatan kerja)

(a)    XX

(A-4) tercapai jika mahasiswa lulus mata kuliah SIL415, SIL416, SIL326

Metode pengukuran capaian (A-4): dilakukan melalui ujian tulis (UTS, UAS), tugas, quiz, dan ujian praktikum

Pengukuran dilakukan pada semester 5 dan 7 pada mata kuliah tersebut.

(B)  Mampu mengidentifikasi dan memformulasikan permasalahan struktur dan infrastruktur, sumberdaya air, serta polusi dan sanitasi lingkungan.

(B-1) Mampu mengidentifikasi dan memformulasikan permasalahan struktur dan infrastruktur

(d)   XX

(B-1) tercapai jika mahasiswa lulus mata kuliah SIL318, SIL317, SIL310, SIL315, SIL316, SIL410, HHT431

Metode pengukuran capaian (B-1): dilakukan melalui ujian tulis (UTS, UAS), tugas, quiz, presentasi, dan ujian praktikum

Pengukuran dilakukan pada semester 5, 6 dan 7 pada mata kuliah tersebut.

(B-2) Mampu mengidentifikasi dan memformulasikan permasalahan sumberdaya air

(d)   XX

(B-2) tercapai jika mahasiswa lulus mata kuliah SIL328, SIL343, SIL335, SIL433, SIL434

Metode pengukuran capaian (B-2): dilakukan melalui ujian tulis (UTS, UAS), tugas, quiz, presentasi, dan ujian praktikum

Pengukuran dilakukan pada semester 5, 6 dan 7 pada mata kuliah tersebut.

(B-3) Mampu mengidentifikasi dan memformulasikan permasalahan polusi dan sanitasi lingkungan

(d)   XX

(B-3) tercapai jika mahasiswa lulus mata kuliah SIL222, SIL323, SIL320, SIL329

Metode pengukuran capaian (B-3): dilakukan melalui ujian tulis (UTS, UAS), tugas, quiz, presentasi, dan ujian praktikum

Pengukuran dilakukan pada semester 4, 5 dan 6 pada mata kuliah tersebut.

(C)  Menguasai pengetahuan teknik konstruksi untuk bidang teknik sipil dan lingkungan.

(e)   XX

(C) tercapai jika mahasiswa lulus mata kuliah SIL203, SIL214, SIL211, SIL215, SIL216, SIL315, SIL316, SIL317, SIL318, SIL319, SIL310, SIL351, SIL414 SIL410, SIL415

Metode pengukuran capaian (C): dilakukan melalui ujian tulis (UTS, UAS), tugas, quiz, presentasi, dan ujian praktikum

Pengukuran dilakukan pada semester 3, 4, 5, 6 dan 7 pada mata kuliah tersebut.

(D)  Mampu merancang, melaksanakan dan mengoperasikan serta memelihara bangunan teknik sipil yang berwawasan lingkungan.

(D-1) Mampu merancang bangunan teknik sipil yang berwawasan lingkungan.

(b)   XX

(c)   X

(e)   XX

(D-1) tercapai jika mahasiswa lulus mata kuliah SIL215, SIL315, SIL316, SIL351, SIL317, SIL318, SIL319, SIL335, SIL310, SIL410, SIL415, SIL426, SIL414

Metode pengukuran capaian (D-1): dilakukan melalui ujian tulis (UTS, UAS), tugas, quiz, presentasi, dan ujian praktikum

Pengukuran dilakukan pada semester 5, 6 dan 7 pada mata kuliah tersebut.

(D-2) Mampu melaksanakan pembangunan bangunan teknik sipil yang berwawasan lingkungan.

(b)   XX

(c)   X

(e)   XX

(D-2) tercapai jika mahasiswa lulus mata kuliah SIL416, SIL415, SIL316

Metode pengukuran capaian (D-2): dilakukan melalui ujian tulis (UTS, UAS), tugas, quiz, presentasi, dan ujian praktikum

Pengukuran dilakukan pada semester 5 dan 7 pada mata kuliah tersebut.

(D-3) Mampu mengoperasikan bangunan teknik sipil yang berwawasan lingkungan.

(b)   XX

(c)   X

(e)   XX

(D-3) tercapai jika mahasiswa lulus mata kuliah SIL335, SIL432, SIL433, SIL334

Metode pengukuran capaian (D-3): dilakukan melalui ujian tulis (UTS, UAS), tugas, quiz, presentasi, dan ujian praktikum

Pengukuran dilakukan pada semester 5 dan 7 pada mata kuliah tersebut.

(D-4) Mampu memelihara bangunan teknik sipil yang berwawasan lingkungan.

(b)   XX

(c)   X

(e)   XX

(D-4) tercapai jika mahasiswa lulus mata kuliah SIL334, SIL432, SIL433

Metode pengukuran capaian (D-4): dilakukan melalui ujian tulis (UTS, UAS), tugas, quiz, presentasi, dan ujian praktikum

Pengukuran dilakukan pada semester 5 dan 7 pada mata kuliah tersebut.

(E)  Mampu menggunakan teknik (technique), keterampilan dan perangkat yang terkini untuk menyelesaikan masalah bidang teknik sipil dan lingkungan

(E-1) Mampu menggunakan teknik (technique) dan keterampilan untuk menyelesaikan masalah bidang teknik sipil dan lingkungan

(e)   XX

(E-1) tercapai jika mahasiswa lulus mata kuliah SIL211, SIL316, SIL334, SIL326, SIL327, SIL425

Metode pengukuran capaian (E-1): dilakukan melalui ujian tulis (UTS, UAS), tugas, quiz, presentasi, dan ujian praktikum

Pengukuran dilakukan pada semester 3, 5, 7 pada mata kuliah tersebut.

(E-2) Mampu menggunakan perangkat terkini untuk menyelesaikan masalah bidang teknik sipil dan lingkungan

(e)   XX

(E-2) tercapai jika mahasiswa lulus mata kuliah SIL417, SIL427, SIL442, SIL316, SIL315, SIL243, SIL241, SIL410, SIL499

Metode pengukuran capaian (E-2): dilakukan melalui ujian tulis (UTS, UAS), tugas, quiz, presentasi, dan ujian praktikum

Pengukuran dilakukan pada semester 3, 5, 6, 7, 8 pada mata kuliah tersebut.

(F)  Mampu menganalisis dan menginterpretasikan data dan informasi serta mengambil keputusan yang tepat untuk menyelesaikan masalah bidang teknik sipil dan lingkungan.

(F-1) Mampu menganalisis dan menginterpretasikan data dan informasi untuk menyelesaikan masalah bidang teknik sipil dan lingkungan

(c)  X

(d)  XX

(F-1) tercapai jika mahasiswa lulus mata kuliah SIL326, SIL327, SIL425, SIL211, SIL215, SIL316, SIL315, SIL334, SIL351, SIL415, SIL414, SIL209, FTP402, SIL417

Metode pengukuran capaian (F-1): dilakukan melalui ujian tulis (UTS, UAS), tugas, quiz, presentasi, dan ujian praktikum

Pengukuran dilakukan pada semester 5, 6, 7 dan 8 pada mata kuliah tersebut.

(F-2) Mampu mengambil keputusan yang tepat untuk menyelesaikan masalah bidang teknik sipildan lingkungan.

(c)  X

(d)  XX

(F-2) tercapai jika mahasiswa lulus mata kuliah SIL316, SIL317, SIL318, SIL310, SIL319, SIL351, SIL414, SIL441, FTP402, SIL426

Metode pengukuran capaian (F-2): dilakukan melalui ujian tulis (UTS, UAS), tugas, quiz, presentasi, dan ujian praktikum

Pengukuran dilakukan pada semester 5, 6, 7 dan 8 pada mata kuliah tersebut.

(G)  Mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi datam bidang teknik sipil dan lingkungan.

(e)  X

(g)  XX

(j)  XX

 

(G) tercapai jika mahasiswa lulus mata kuliah SIL326, SIL327, SIL425, SIL427, SIL426, SIL442, SIL334, SIL317, SIL318, SIL310, SIL319, SIL416

Metode pengukuran capaian (G): dilakukan melalui ujian tulis (UTS, UAS), tugas, quiz, presentasi, dan ujian praktikum

Pengukuran dilakukan pada semester 5, 6 dan 7 pada mata kuliah tersebut.

(H)  Mampu menjadi pemimpin dan mampu bekerja secara mandiri maupun berkelompok

(H-1) Mampu menjadi pemimpin dalam pekerjaan dan bekerjasama dalam kelompok

(h)  XX

(H-1) tercapai jika mahasiswa lulus mata kuliah IPB112, SIL203, SIL205, SIL209, SIL231, SIL241, SIL211, SIL326, SIL327, SIL243, FTP402, SIL415

Metode pengukuran capaian (H-1): dilakukan melalui ujian tulis (UTS, UAS), tugas, quiz, presentasi, dan ujian praktikum

Pengukuran dilakukan pada semester 3, 4, 5, 6, 7 pada mata kuliah tersebut.

(H-2) Mampu bekerja secara mandiri

(h)  XX

(H-2) tercapai jika mahasiswa lulus mata kuliah IPB112, SIL398, SIL498, SIL499

Metode pengukuran capaian (H-2): dilakukan melalui ujian tulis, tugas, dan presentasi

Pengukuran dilakukan pada semester 6 dan 8 pada mata kuliah tersebut.

(I)    Mampu berkomunikasi secara efektif dan menjalin jejaring.

(f)   XX

(I) tercapai jika mahasiswa lulus mata kuliah KPM130, IPB106, IPB108, IPB112, SIL398, FTP401, FTP402, SIL498, SIL449

Metode pengukuran capaian (I): dilakukan melalui ujian tulis, tugas, penyusunan proposal dan skripsi, ujian skripsi, presentasi, wawancara

Pengukuran dilakukan pada semester 1, 6, 7 dan 8 pada mata kuliah tersebut.

(J)   Menggunakan prinsip profesionalisme datam bekerja.

(i)   XX

(J) tercapai jika mahasiswa lulus mata kuliah AGB100, FTP401, FTP402, SIL499

Metode pengukuran capaian (J): dilakukan melalui ujian tulis (UTS, UAS), tugas, presentasi, wawancara

Pengukuran dilakukan pada semester 1, 6, 7 dan 8 pada mata kuliah tersebut.

(K)  Mempunyai tanggung jawab agama, sosial, budaya dan lingkungan.

(K-1) Mempunyai tanggung jawab agama, sosial dan budaya

(i)   XX

(K-1) tercapai jika mahasiswa lulus mata kuliah IPB100-104, IPB110, IPB111, SIL499

Metode pengukuran capaian (K-1): dilakukan melalui ujian tulis (UTS, UAS), tugas, presentasi, dan ujian praktikum

Pengukuran dilakukan pada semester 2 pada mata kuliah tersebut.

(K-2) Mempunyai tanggung jawab lingkungan

(i)   XX

(K-2) tercapai jika mahasiswa lulus mata kuliah SIL326, SIL327, SIL425, SIL499

Metode pengukuran capaian (K-2): dilakukan melalui ujian tulis (UTS, UAS), tugas, presentasi

Pengukuran dilakukan pada semester pada mata kuliah tersebut.

H. Rangkuman Data Kuantitatif Program Studi

 

Tahun Akademik

TA. 2014/ 2015 TA. 2015/ 2016 TA. 2016/ 2017 TA. 2017/ 2018

Informasi tentang mahasiswa

Jumlah mahasiswa baru yang diterima se-fakultas pengelola program studi 408 407 437 439
Jumlah mahasiswa yang diterima pada Program Studi 69 73 78 83
Jumlah mahasiswa pindahan dari program studi lain dan dari luar institusi 0 0 0 0
Jumlah mahasiswa aktif (sedang menempuh kuliah, termasuk Tugas Akhir) 323 328 321 322
Jumlah lulusan Program Studi (sejak didirikan) 188 244 349 428
Jumlah lulusan OBE Prodi 25
Informasi tentang Dosen dan Tenaga Kependidikan Jumlah dosen tetap pada Program Studi 19 19 18 17
Jumlah dosen tidak tetap pada Program Studi 4 4 6 6
Jumlah asisten dosen pada Program Studi
Jumlah tenaga kependidikan yang berkaitan dengan Program Studi 13 13 12 12
Informasi tentang Kurikulum Jumlah SKS minimum untuk mengajukan kelulusan 147 sks
(*) Rasio muatan kemampuan Engineering Design/Computing Project terhadap muatan kurikulum secara umum 96 sks dari 147 sks
(*) Rasio aktivitas kelompok belajar (seperti Problem-based Learning, atau Project-based learning) terhadap aktivitas belajar individual 39 sks dari 108 sks

(*) Rasio di sini dapat dihitung dalam SKS ataupun dalam jumlah jam. Aktivitas-aktivitas yang meliputi kedua aspek ini sekaligus dapat diperhitungkan pada kedua aspek tersebut.