• Gedung Fateta IPB, Dramaga, Bogor

  • 0251-8627225

  • sil@apps.ipb.ac.id

Program Magister

Profil

Program Studi (PS) Magister Teknik Sipil dan Lingkungan Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL), Fakultas Teknologi Pertanian (FATETA), Institut Pertanian Bogor (IPB) memiliki visi untuk menjadi program studi unggul dengan kualitas lulusan yang kompeten dan berdaya saing serta mampu menguasai IPTEKS khususnya di bidang Teknik Sipil dan Lingkungan pada tahun 2018. Visi tersebut diturunkan dari visi departemen yang berbunyi Menjadi institusi pendidikan tinggi terkemuka di bidang teknik sipil dan lingkungan  yang diakui secara internasional dengan kompetensi inti pada rekayasa sesuai dengan kaidah-kaidah ekologis dan kelestarian lingkungan“, sehinga sebagai salah satu PS di departemen mempunyai keterkaitan visi khususnya untuk penyelenggaraan pendidikan strata 2.  Visi tersebut dijabarkan lebih lanjut menjadi misi, tujuan dan sasaran program studi. PS S2 SIL menetapkan enam sasaran utama program studi yang merupakan hasil penjabaran strategi pengembangan program studi berdasarkan hasil analisis SWOT

Dalam mengelola PS S2 SIL. dilaksanakan sistem tatapamong, kepemimpinan serta sistem pengelolaan dan penjaminan mutu yang diuraikan dalam bagian-bagian yang meliputi personil beserta fungsi dan tugas pokoknya, sistem kepemimpinan, pengalihan (deputizing) dan pendelegasian tugas secara berjenjang serta akuntabilitas pelaksanaan tugas dalam implementasi operasional PS sesuai dengan visi, misi, sasaran dan tujuan program. Secara operasional dalam penjaminan mutu, sistem seleksi serta pengembangan program pasca sarjana, telah tersedia mekanisme serta kebijakan dalam sistem penjaminan mutu oleh IPB sebagai dasar dari program studi untuk melakukan evaluasi internal dan perencanaan ke depan.

Pelaksanaan operasional program studi, Ketua Program Studi bersama Sekretaris PS dibantu oleh staf tenaga non akademik, bersama dan terintegrasi dalam pengelolaan departemen melaksanakan kegiatan PS sesuai dengan misi dan tujuannya. PS S2 SIL didukung oleh 13 orang staf pengajar dengan berbagai spesialisasi di bidang teknik sipil dan lingkungan. Staf pengajar terdistribusi ke dalam empat divisi, yaitu Teknik Struktur dan Infrastruktur, Teknik Lingkungan, Teknik Sumberdaya Air dan Teknik Geomatika.  Komposisi staf pengajar adalah sebagai berikut: 2 orang guru besar dan 11 doktor

Untuk mencapai tingkat efisiensi dan efektivitas pengelolaan PS, dilakukan evaluasi program dan pelacakan lulusan serta perencanaan dan pengembangan program, dengan memanfaatkan hasil evaluasi internal dan eksternal serta kerjasama dan kemitraan. Selain itu, disajikan juga dampak hasil evaluasi program terhadap pengalaman dan mutu pembelajaran mahasiswa, pengelolaan mutu secara internal pada tingkat program studi serta hubungan dengan penjaminan mutu pada tingkat lembaga dan dampak proses penjaminan mutu terhadap pengalaman dan mutu hasil belajar mahasiswa. Kemudian, metodologi baku mutu (benchmarking), pengembangan dan penilaian pranata kelembagaan dan evaluasi internal yang berkelanjutan. Setelah itu pemanfaatan hasil evaluasi internal dan eksternal/ akreditasi dalam perbaikan dan pengembangan program. Bagian akhir mengenai tatapamong, kepemimpinan serta sistem pengelolaan dan penjaminan mutu adalah uraian singkat tentang kerjasama dan kemitraan instansi terkait dalam pengendalian mutu.

Kurikulum yang dikembangkan dan diterapkan di PS S2 SIL secara rutin dikaji dengan mempertimbangkan perkembangan di bidang teknik sipil dan lingkungan serta kebutuhan stakeholder berdasarkan hasil tracer study. Kurikulum diarahkan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi utama (1)mampu merancang, melaksanakan dan mengoperasikan serta memelihara bangunan teknik sipil yang berwawasan lingkungan; (2) mampu mengidentifikasi dan memformulasikan  permasalahan struktur dan infrastruktur, sumberdaya air, serta polusi dan sanitasi lingkungan: (3) mampu menggunakan teknik (technique), keterampilan dan perangkat yang terkini untuk menyelesaikan masalah bidang teknik sipil dan lingkungan; (4)Menguasai pengetahuan dasar matematik, sain, teknik   dan proses serta K3 (kesehatan dan keselamatan kerja) untuk bidang teknik sipil dan lingkungan; serta (5) menguasai pengetahuan teknik konstruksi untuk bidang teknik sipil dan lingkungan. Di samping itu, lulusan juga diarahkan untuk memiiliki kemampuan dan kecakapan hidup (soft skill) yang baik.

Untuk mencapai kompetensi lulusan tersebut, dlakukan kegiatan ko dan ekstra kurikuler diantaranya studium general, field trip dan kegiatan keprofesian terkait penyelenggaraan seminar dan pelatihan.  Mutu lulusan dimonitor dengan seperangkat indikator kinerja, yaitu rata-rata IPK lulusan, waktu tunggu memperoleh pekerjaan pertama dan kesesuaian bidang kerja. Rata-rata IPK lulusan dalam 4 tahun terakhir telah melebihi 3,0.

Kegiatan operasional dan pengembangan di PS S2 SIL didukung oleh berbagai skema pendanaan. Sebagai salah satu unit implementasi di IPB, program studi melalui Departemen menerima dana rutin dari IPB melalui Rencana Kegiatan Anggaran Tahunan (RKAT). Dana juga diperoleh melalui berbagai skema hibah kompetisi yang tersedia di berbagai lembaga nasional/internasional, seperti DIKTI, serta kerjasama dengan berbagai pihak, seperti dengan pemerintah daerah dan kementerian, juga dengan institusi dan perguruan tinggi di luar negeri.

Penyelenggaraan kegiatan akademik di PS S2 SIL  didukung oleh berbagai fasilitas fisik baik berupa ruang kuliah, ruang seminar, ruang staf, laboratorium, ruang pelayanan, pilot plant, laboratorium komputer, dan perpustakaan pusat. Selain itu juga tersedia Pusat Informasi Teknologi Pertanian (PITP), dan unit pengembangan e-learning dan video conference. Fasilitas tersebut tersebar dan berada di bawah pengelolaan Departemen, Fakultas, dan institut.

Kegiatan riset staf PS S2 SIL  relatif cukup tinggi. Dana penelitian diperoleh dari berbagai skema pembiayaan, seperti Hibah Bersaing, BOPTN, KKP3T, Riset Unggulan Nasional, Penelitian Dasar, dan kerjasama penelitian dengan swasta. Penelitian tersebut juga melibatkan mahasiswa PS SIL untuk penelitian tugas akhir.

Visi

Program Studi S2 Teknik Sipil dan Lingkungan (PS-SIL) merupakan salah satu program pendidikan yang dikelola oleh Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL) dan oleh karenanya merupakan perwujudan program kerja jangka panjang yang terstruktur dalam mencapai visi . Visi  diturunkan serta merupakan penajaman dari Visi Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Visi Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta). Berikut adalah Visi IPB, Visi Fateta dan Visi-SIL.

Mewujudkan pendidikan pascasarjana yang bermutu, dan menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing, khususnya di bidang Teknik Sipil dan Lingkungan.

Misi

Misi PS  S2 SIL  adalah melaksanakan cita-cita yang terkandung dalam visi yang sudah ditetapkan diatas.  PS ini merupakan satu-satunya program studi di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan di bidang teknik sipil dan llingkungan di Perguruan tinggi yang bernuansa pertanian, dimana IPB terkenal kuat dalam ilmu hayati dan lingkungan sehuinga diharapkan produk lulusannya dapat membangun kawasan perkotaan maupun perdesaan dengan prasarana wilayahnya yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Dalam misinya akan menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat secara komprehensif dengan  pendakatan multi- dan inter-disiplin.

Dalam mencapai Visi tersebut, Departemen SIL mempunyai 5 misi, yang pada intinya merupakan pengejawantahan dari kegiatan tridharma perguruan tinggi, yang dinyatakan sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang bermutu, efisien dan efektif dengan menerapkan sistem pengelolaan yang modern dan profesional.
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian dasar, terapan dan strategis.
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dan berkontribusi dalam pembangunan nasional yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.
  4. Menjalin jejaring (network) dengan berbagai institusi, baik institusi di dalam negeri maupun institusi di luar negeri.
  5. Membangun karakter kewirausahaan mahasiswa melalui kegiatan tridharma.

Sesuai dengan visinya PS S2 Teknik Sipil dan Lingkungan mempunyai misi untuk:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi program pascasarjana yang berkualitas, yang secara efektif dan efisien mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dan mampu bersaing secara internasional.
  2. Memperkuat landasan keilmuan dengan mengembangkan IPTEKS melalui penelitian dasar, terapan dan strategis yang bersifat lanjut, mendalam dan lintas disiplin, untuk berkontribusi dalam pembangunan nasional yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan
  3. Meningkatkan secara terus menerus mutu penyelenggaraan pendidikan untuk memberikan layanan yang terbaik kepada seluruh pemangku kepentingan.
  4. Menjalin jejaring (network) dengan berbagai institusi, baik di dalam maupun di luar negeri.

Tujuan

Dalam menyelenggarakan 5 misi tersebut di atas, Departemen SIL mempunyai 3 tujuan yang ingin dicapai baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang, yaitu:

  1. Menghasilkan lulusan di bidang Teknik Sipil dan Lingkungan yang kompeten dan memiliki daya saing yang kuat dalam pasar kerja global.
  2. Mengembangkan penelitian-penelitian inovatif, dasar, terapan, dan strategis untuk mendukung proses belajar-mengajar serta pengembangan ilmu dan teknologi yang sejalan dengan kebutuhan dan tantangan di masyarakat.
  3. Mengimplementasikan penemuan-penemuan di bidang teknik sipil dan lingkungan dalam menjawab masalah masyarakat dan untuk memperkaya proses pendidikan.

Untuk mencapai visi dan misi maka ditetapkan tujuan dari PS S2 SIL yaitu:

  1. Menghasilkan lulusan pascasarjana yang relevan dengan kebutuhan bangsa dan berkompeten di bidang Teknik Sipil dan Lingkungan, yang berkemampuan IPTEKS lanjut, bermoral tinggi, memiliki jiwa kepemimpinan, dan memiliki daya saing yang tinggi di pasar tenaga kerja global.
  2. Mengembangkan dan memanfaatkan hasil penelitian di bidang teknik sipil dan lingkungan dalam memperkaya proses pendidikan dan berkontribusi terhadap pembangunan nasional.
  3. Membangun dan meningkatkan jejaring kerja nasional dan internasional.

Sasaran

Sasaran Program Studi S2 Teknik Sipil dan Lingkungan adalah :

  1. Meningkatkan calon mahasiswa yang bermutu baik dengan rata-rata IPK kelulusan S1 > 3.00 dan nilai TOEFL > 450
  2. Mempertahankan  rata-rata IPK lulusan lebih dari 3.50
  3. Persentasi mahasiswa asing yang mengikuti program reguler sebanyak 10%
  4. Menghasilkan lulusan yang kompetitif dengan waktu tunggu kerja pertama kurang dari 3 bulan dan kesesuaian bidang kerja dengan kompetensi lulusan lebih dari 70%.
  5. Meningkatkan kerjasama penelitian dan pendidikan dengan berbagai institusi baik di dalam maupun di luar negeri

Keterkaitan antara Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran

Untuk menjadi departemen yang ingin menjadi unit pelaksana akademis pendidikan tinggi yang unggul maka  selayaknya melaksanakan kegiatan tridharma pendidikan tinggi plus kegiatan pendukungnya secara efisien dan efektif serta profesional berdasarkan pada tujuan yang ingin dicapai. Tujuannya jelas yaitu menghasilkan lulusan yang mempunyai kompeten tinggi, memberikan kontribusi pada pengembangan iptek dan bagi pembangunan nasional. Agar tujuan dapat dicapai dengan lancar, Departemen SIL harus kuat dan tangguh dalam mengatasi berbagai tantangan dan kendala. Karena itu Departemen SIL berkepentingan untuk melakukan peningkatan kapasitas institusi secara berkelanjutan, khususnya pada 7 sasaran pengembangan tersebut di atas.

Program Studi Pascasarjana S2 SIL (PS-S2-SIL) merupakan salah satu perwujudan kegiatan terstrukur dari visi, misi dan tujuan Departemen SIL dalam upaya menghasilkan SDM bermutu dan mempunyai kompetensi tinggi serta mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermaaf bagi kemanusiaan khususnya bagi pembangunan nasional. Mengingat disini peranan riset sangat penting maka sasaran pengembangan sarana dan prasarana riset serta kerjasama kelembagaan dengan berbagai pihak tertutama lembaga atau perguruan tingi di dunia menjadi sangat penting pula.