• Gedung Fateta IPB, Dramaga, Bogor

  • 0251-8627225

  • sil@apps.ipb.ac.id

Post Details


Aksi Nyata Mahasiswa KKN-T SIL IPB dalam Mengurangi Sampah di Kelurahan Pagadungan, Pandeglang

07 Aug sil_ipb 0 Kabar . Mahasiswa . Pengabdian

Mahasiswa KKN-T SIL IPB di Kelurahan Pagadungan, Pandeglang menyelenggarakan sebuah rangkaian Gerakan Cinta Lingkungan (Genta Lingkungan). Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa (16/7/2019) di SDN Pagadungan 3, hari Rabu (17/7/2019) di SDN Pagadungan 2, dan hari Minggu (21/7/2019) di Kp. Pabuaran, Pagadungan. Kegiatan Genta Lingkungan ini digagas berdasarkan kurangnya tingkat kesadaran masyarakat Pagadungan terhadap kebersihan lingkungan.

Kegiatan ini diikuti oleh hampir 200 anak yang terdiri dari ratusan anak SD kelas 5 s.d 6 dan juga puluhan anak Kampung Pabuaran. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi yang aplikatif kepada anak-anak usia dini untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Kegiatan ini memiliki tujuan khusus yaitu mengurangi jumlah timbulan sampah yang berceceran di fasilitas umum melalui program 3R (reduce, reuse, recycle) kepada anak-anak SD dan Aksi Bersih Sehat ke anak Kampung Pabuaran.

Program-program 3R diharapkan mampu menumbuhkan kreativitas anak usia dini melalui pengelolaan sampah. Sebelumnya, anak-anak diminta untuk membawa satu botol plastik maupun satu gelas plastik bekas. Anak-anak berkreativitas membuat kerajinan tangan, seperti pot tanaman dari sampah plastik yang telah dibawa.

Selain melakukan program 3R, anak-anak juga diajak bermain sambil mendalami ilmu bercocok tanam secara langsung dengan menanam benih bayam merah dan pakcoy. “Harapannya, setelah anak-anak mengetahui pentingnya menjaga lingkungan dan serunya membuat kerajinan sendiri dari olahan sampah tersebut, anak anak tersebut mampu menjadi agent of change demi Pagadungan yang lebih bersih” ucap salah satu Mahasiswa KKN-T IPB.

Setelah melakukan kegiatan rutin setiap hari minggu berupa Senam Pagi Pabuaran Sehat, Anak-anak Kampung Pabuaran diajak untuk melakukan aksi nyata kurangi sampah. Aksi nyata tersebut dilakukan dengan mengajak Anak Kampung Pabuaran memunguti sampah anorganik yang berserakan di jalan, saluran drainase, maupun aliran air setempat.

Selama aksi sehat, mahasiswa KKN-T SIL IPB juga memberikan pemahaman berupa pengelolaan sampah yang baik dan benar kepada masyarakat. Setelah melakukan aksi pemungutan sampah, anak Kampung Pabuaran diajarkan cara mencuci tangan yang benar melalui Program Hidup Bersih dan Sehat.

Berita oleh: Virda Maharani (F44160009), Mahasiswa SIL IPB Angkatan 53
Editor: Bagus Rahmansyah P. (F44150012), Mahasiswa SIL IPB Angkatan 52

Related Blog News

Mahasiswa KKN-T SIL IPB Lakukan Perawatan dan

14 Oct sil_ipb 0

Pandeglang, 15 Juli 2019 - Desa Gerendong merupakan salah satu

Tim Mahasiswa SIL IPB Raih Juara Harapan

27 Sep sil_ipb 0

Yogyakarta, 14 September 2019 - Tim AK4 Sondir, yang beranggotakan

Leave a comment