• Gedung Fateta IPB, Dramaga, Bogor

  • 0251-8627225

  • sil@apps.ipb.ac.id

Post Details


Ikuti Sakura Science Program, 10 Mahasiswa Departemen SIL IPB Terbang ke Negeri Sakura

30 Aug sil 0 Kabar . Mahasiswa . Prestasi

Berita oleh: Virda Maharani (F44160009), Mahasiswa SIL IPB Angkatan 53
Editor: Bagus Rahmansyah P. (F44150012), Mahasiswa SIL IPB Angkatan 52

Ehime, 20 Agustus 2019 – Sepuluh mahasiswa/i Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL) IPB bersama dengan Dr. Eng. Heriansyah Putra, S.Pd., M.Eng. mengikuti kegiatan Sakura Exchange Program in Science pada tanggal 19 – 25 Agustus 2019 di Ehime University, Matsuyama, Jepang.

Sakura Science Program atau juga dikenal dengan nama Sakura Program Exchange in Science merupakan suatu program pertukaran pelajar dan mahasiswa dari beberapa negara berkembang ke Jepang dengan tujuan memperkenalkan dan memberikan pengalaman terkait perkembangan ilmu dan teknologi di Jepang.

Program ini diinisiasikan oleh Prof. Hideaki Yasuhara (Head of International Relationship and Collaboration Faculty of Engineering) melalui Japan Science and Technology Agency. Melalui program ini diharapkan  dapat meningkatkan minat para pemuda Asia terhadap sains dan teknologi Jepang yang terkemuka di universitas, dan lembaga penelitian Jepang.

Selain itu, dari kegiatan ini diharapkan juga dapat memperkuat hubungan antara Jepang dan negara peserta serta mempromosikan sistem Pendidikan dan penelitian Jepang.

Rangkaian kegiatan program ini diawali dengan welcome lunch party yang dilaksanakan di Rock Mechanics Laboratory. Pada kesempatan ini, peserta juga ditemani oleh Ketua Dept. SIL IPB, Dr. Ir. Nora H. Pandjaitan, DEA yang juga berkunjung ke Ehime University dalam rangka diskusi kerjasama SIL IPB dan CEE (Civil and Environmental Engineering) Ehime University. Perwakilan SIL IPB disambut langsung oleh Prof. Hideaki Yasuhara, Prof. Naoki Kinoshita dan beberapa mahasiswa program Sarjana, Magister dan Doktoral.

Pada hari berikutnya, peserta Sakura Science Program melakukan persiapan dan pembuatan sampel tanah untuk kegiatan Soil Tower Contest. Kegiatan ini merupakan perlombaan sederhana, dimana mahasiswa dibagi menjadi beberapa tim dan setiap tim diminta untuk merancang material komposisi bio-grouting yang tepat untuk meningkatkan kekuatan tanah.

Bio-grouting merupakan salah satu metode yang menggunakan prinsip presipitasi calcite untuk perkuatan tanah dan mencegah terjadinya likuifaksi.

Sakura Science Program juga memberikan pengalaman baru kepada mahasiswa SIL IPB tentang hal-hal teknis seputar pengoperasian kilang penyimpanan minyak. Peserta juga berkesempatan mengikuti kunjungan lapang ke PT. Taiyo Oil Company, yang berlokasi di Kota Imabari, Ehime.

Rangkaian kegiatan Sakura Science Program ditutup dengan acara Completion Ceremony, yang berlangsung pada hari Jumat, 23 Agustus 2019. Acara ini dimulai dengan pemberian sertifikat dan pin Sakura Science Member kepada setiap peserta, dilanjutkan dengan pemberian souvenir dari Dept. SIL IPB kepada Prof. Hideaki Yasuhara, dan diakhiri dengan sesi foto bersama.

Prof. Hideaki Yasuhara dari CEE Ehime University berharap para peserta dapat menikmati pengalaman singkat ini dan dapat kembali lagi ke Jepang untuk melanjutkan Pendidikan Magister. Selain itu, beliau juga berharap kegiatan ini dapat berlanjut setiap tahunnya.

Selain mengikuti rangakain kegiatan di kampus, peserta Sakura Science Program juga berkesempatan mengikuti City Tour mengunjungi beberapa destinasi wisata yang ada di Kota Matsuyama, seperti Sogo Koen, Dogo, Ookaido, dan Matsuyama Castle.

Related Blog News

Mahasiswa KKN-T SIL IPB Gotong Royong Membuat

21 Sep sil 0

Berita oleh: Zuhal Yoga S. (F44160046), Mahasiswa SIL IPB Angkatan

Mahasiswa KKN-T SIL IPB Tingkatkan Kemampuan Literasi

13 Sep sil 0

Berita oleh: Restuning Henka Putri (F44160022), Mahasiswa SIL IPB Angkatan

Leave a comment