Departemen SIL Ikut Andil dalam Pengembangan dan Penelitian Gambut di Indonesia

Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL) Fakultas Teknologi Petanian IPB memaparkan beberapa penelitian terbaru tentang gambut di Indonesia. Penelitian-penelitian tersebut dipaparkan dalam acara Focus Group Discussion (FGD) Gambut Ke-10 dengan tema “Pemetaan, Karakteristik dan Neraca Karbon Gambut” di Ruang Sidang Fakultas Teknologi Pertanian IPB 25 Maret lalu. Acara ini merupakan kerjasama antara Himpunan Gambut Indonesia (HGI) dan Fakultas Teknologi Pertanian IPB.

 

Acara ini dihadiri oleh peneliti dari IPB, peneliti dari HGI dan wakil dari perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan lahan gambut, salah satunya adalah Sinarmas Forestry. Acara ini dibuka oleh Ketua Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Prof. Dr. Ir. Budi Indra Setiawan, M.Agr dan disambung dengan sambutan dari Wakil Ketua HGI, Prof. Azwar Maas dari Universitas Gadjah Mada. Dalam sambutannya, beliau mengungkapkan pentingnya penelitian dan pengelolaan lahan gambut karena sifat gambut yang sangat berbeda dengan tanah yang lain. Selain itu, forum diskusi ini juga diharapkan dapat terus berlanjut di masa yang akan datang dan memberikan hasil penelitian tentang gambut yang sudah tentu dapat bermanfaat bagi publik.

Kegiatan FGD ini terdiri dari dua kegiatan utama, yaitu presentasi penelitian dan diskusi umum. Presentasi tersebut terdiri dari enam sesi kemudian ditutup dengan diskusi umum. Dari kegiatan ini kemudian timbul pemahaman baru dan penyeragaman konsep mengenai permasalahan gambut di Indonesia. Kemudian, dalam diskusi umum dibahas juga mengenai solusi dan rencana FGD dan tema yang akan diangkat untuk diskusi berikutnya. Secara umum, presentasi dan topik penelitian dari masing-masing peneliti disajikan pada tabel berikut.

 

No

Nama Peneliti

Topik Penelitian

Asal Instansi

1

Dr. Rudiyanto

Pemetaan Kedalaman Lahan Gambut menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan

Dept. SIL IPB

2

Dr. Rudiyanto

Estimating Carbon Sequestration in Peatlands-Industrial Planted Forest

Dept. SIL IPB

3

Dr. Satyanto K. Saptomo

Pengukuran dan Pendugaan Emisi CO2 HTI Lahan Gambut Tropis di Semenanjung Kampar

Dept. SIL IPB

4

Dr. Gunawan Djajakirana

The Role of Soil Fauna in Litter Decomposition of Forest Plantation In the Peatland as  Part of Carbon Cycles.

Dept. TSL IPB

5

Prof. Budi Indra Setiawan

Change of Physical and Hydraulic Properties of Tropical Peats due to Fires

Dept. SIL IPB

6

Dr. Chusnul Arif

Pengembangan Teknologi Pemantauan Indeks Kekeringan

Dept. SIL IPB

 

Melalui kegiatan FGD ini maka Departemen SIL telah berkontribusi dalam mengembangkan dan mengelola lahan gambut di Indonesia menjadi lebih baik. Selanjutnya, Departemen SIL akan kembali ikut andil dalam FGD Gambut Ke-11 di Yogyakarta yang rencananya akan diadakan pada akhir tahun ini (ycw).

 

Last Updated on Sunday, 05 November 2017 16:32

Created and designed by YCW