Upaya Menciptakan Lulusan SIL yang Berkualitas Melalui Pelatihan Ahli Muda Profesional

Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL), Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor mendapatkan kesempatan untuk mengadakan pelatihan dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya mahasiswanya. Dalam kesempatan ini, Dept. SIL bekerjasama dengan Kementrian Pekerjaan Umum (PU), Balai Pelatihan Konstruksi dan Peralatan Jakarta mengadakan pelatihan bertema “Pelatihan Ahli Muda Profesional”. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 6 hari berturut-turut, dari tanggal 27 Oktober s/d 1 November 2014 di ruang kelas Dept. SIL.

   

Pelatihan ini terdiri dari dua jenis pelatihan, yaitu Ahli Pelaksana Manajemen Air Minum dan  Ahli Pelaksana Geoteknik Konstruksi Sumberdaya Air. Total sebanyak 61 peserta yang terdiri dari mahasiswa S1 tingkat akhir, mahasiswa pascasarjana dan alumni SIL ikut andil dalam kegiatan pelatihan ini. Ketua Panitia dari Dept. SIL, Yanuar Chandra Wirasembada, S.T, M.Si dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang baru pertama kali diadakan di IPB dan animo mahasiswa yang mendaftar sangat tinggi.

“Kegiatan Pelatihan Ahli Muda Profesional merupakan kegiatan tahunan rutin yang dilakukan oleh Balai Pelatihan Konstruksi dan Peralatan Jakarta di beberapa universitas di wilayah Banten dan Jawa Barat untuk mempersiapkan lulusan universitas yang mampu dan siap bersaing dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015 nanti”, ujar Ketua Panitia dari Pihak PU, Riswan Saragih, S.H.

Kegiatan pelatihan ini sendiri melibatkan instruktur dan tenaga ahli berpengalaman tidak hanya dari pihak Kementrian PU dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), tetapi juga melibatkan instruktur dan tenaga ahli dari Dept. SIL. Jenis kegiatan pada pelatihan ini tidak hanya presentasi dari instruktur, tetapi juga tugas kelompok, praktek menggunakan alat, ujian harian dan studi lapang ke Bendungan Jatiluhur di Purwakarta, Jawa Barat.

“Dept. SIL berupaya untuk terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia mahasiswa, lulusan dan dosen muda kami dengan berbagai cara. Salah satunya yaitu mengadakan pelatihan profesional yang bekerjasama dengan instansi lain, antara lain Balai Pelatihan Konstruksi dan Peralatan Jakarta. Oleh karena itu, kami sangat terbuka jika ada instansi lain yang mempunyai ide atau konsep lain untuk menciptakan lulusan berkualitas. Kami dari Dept. SIL mengucapkan terima kasih dan semoga kerjasama mutualisme seperti ini akan terus berlanjut di masa yang akan datang”, imbuh Ketua Dept. SIL, Prof. Dr. Ir. Budi Indra Setiawan, M.Agr. (ycw)

Last Updated on Wednesday, 02 March 2016 23:28

Created and designed by YCW