Ikatan Alumni Mahasiswa SIL Mengadakan Seminar Keprofesian dan Pengalaman Kerja

Ikatan Alumni Mahasiswa SIL (IAMSIL) mengadakan seminar keprofesian bertema “Pengenalan Dunia Kerja Sektor Konstruksi Setelah Lulus Sarjana” pada hari Minggu, 28 Februari 2016 lalu di Auditorium Abdul Muis Nasution, Fateta. Acara dibuka oleh Ketua IAMSIL, Aditya Fajar M, S.T, Ketua Himatesil, Cahyandika Yoga Pratama dan Ketua Acara, Rahmat Kurniawan, ST. Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa SIL dari berbagai angkatan, mulai dari SIL 49 sampai SIL 52.
 
Kegiatan ini berisi seminar, sharing serta tips saat mencari pekerjaan maupun saat berada di lingkungan kerja, khususnya bidang konstruksi. Seperti yang sudah diketahui, salah satu prospek lulusan mahasiswa SIL adalah bekerja di bidang konstruksi. Data tracer study terakhir menunjukkan bahwa 80% alumni SIL bekerja di bidang teknik, khusunya teknik konstruksi atau teknik sipil.
 
Acara yang diadakan khusus untuk mahasiswa SIL ini merupakan bentuk kepedulian alumni terhadap almamater khususnya Dept-SIL. Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih 6 jam ini dibagi ke dalam tiga sesi dengan tiga pembicara utama. Ketiga pembicara tersebut merupakan alumni SIL yang sudah sukses meniti karir di bidang masing-masing.
 
 
Sesi pertama merupakan sesi diskusi umum seputar dunia kerja. Pembicara pertama untuk sesi ini adalah Rahmat Kurniawan, S.T yang saat ini sedang menjalani studi S2 di Institut Teknologi Bandung.  
 
Pada sesi kedua, terdapat tiga pembicara yaitu Anton Suwito, S.T, Aditya Fajar Jenie, S.T dan Jurizka Jhamastri, S.T yang membahas mengenai proses rekrutmen perusahaan, persyaratan dan kualifikasi agar dapat diterima di perusahaan besar, pengalaman bekerja di lapang, manajemen proyek, dan hal lain yang berhubungan dengan dunia konstruksi.
 
Sesi ketiga merupakan sesi diskusi seputar kegiatan perkuliah pascasarjana di luar negeri, serta informasi beasiswa oleh tiga narasumber. Pembicara pertama adalah Joan Kartini Rossi, S.T, M.Eng membahas mengenai pengalaman perkuliahan S2 untuk program studi Construction Engineering and Management di Chulalongkorn University, Thailand. 
 
Selanjutnya, Pembicara kedua, Maulana Ibrahim Rau, S.T, M.Sc menjelaskan kegiatan akademik maupun non-akademik yang dilakukan selama perkuliahan untuk program S2 di departemen Geoinformation Technology & Cartography di University of Glasgow, Skotlandia. 
 
Pembicara terakhir, Erbi Setiawan, S.T yang menjadi LPDP Awardee di Wageningen University pada program studi M.Sc Environmental Urban Management memaparkan bagaimana kiat-kiat dalam mendapatkan Beasiswa LPDP. Pada akhir sesi ini, dilakukan sharing dan tanya jawab dengan para alumni.
 
 
Kegiatan seminar ini dihadiri oleh 8 orang alumni, antara lain Erbi Setiawan (LPDP Awardee / SIL 47), Jurizka Jhamastri (PT Danone Indonesia / SIL 45), Anton Suwito (PT Pembangunan Perumahan / SIL 45 dan istrinya, Ranti Ramadiaprani (PT Bank Mandiri (Persero) Tbk / SIL 45), Maulana Ibrahim Rau (Dosen Dept-SIL / SIL 45), Rahmat Kurniawan (Mahasiswa S2 Teknik Sipil ITB / SIL 45), Aditya Fajar Jenie (CV Triara Karya / SIL 45), dan Joan Kartini Rossi (Alumni Chulalongkorn University / SIL 45).
 
Rencananya, kegiatan ini akan dilaksanakan rutin tiap tahun dan bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan (Himatesil) IPB. Ketua Dept-SIL, Dr. Ir. Nora H. Pandjaitan mengatakan bahwa kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Dept-SIL karena memberikan gambaran prospek kerja lulusan SIL secara nyata dan memberikan bekal serta wawasan sebelum memasuki dunia kerja. Diharapkan, kegiatan berikutnya dapat menghadirkan alumni lain yang sukses di bidang kerja masing-masing.
 

Last Updated on Sunday, 05 November 2017 16:29

Created and designed by YCW