Dr. Ir. Arief Sabdo Yuwono, M.Sc Kembali Menerbitkan Buku Ajar Bagi Mahasiswa dan Khalayak Umum

Ketua Divisi Teknik Lingkungan (TL), Dr. Ir. Arief Sabdo Yuwono, M.Sc atau akrab dipanggil Pak Arief, akhir tahun 2015 lalu kembali berhasil menyelesaikan penulisan sebuah buku ajar dan telah diterbitkan oleh Penerbit IPB Press. Sebelumnya, Pak Arief sudah menulis dua buku. Buku petama berjudul “Penuntun Praktikum Teknik Pengelolaan Kualitas Udara” bersama Rofie Fatimah dan Allen Kurniawan. Buku keduanya  berjudul “Lingkungan dan Bangunan Peranian (Farm Structures and Environment) ditulis bersama Dr. Rokhani Hasbullah dan Dr. Yudi Chadirin.

Buku terakhir yang telah terbit ini berjudul “Pengelolaan Kualitas Udara dan Kebisingan untuk Kesehatan Masyarakat dan Konservasi Lingkungan”. Buku ini ditulis bersama dengan Rofie Fatimah, Allen Kurniawan dan Arisma Yusuf. Buku ini membahas mengenai tinjauan umum kualitas udara, parameter kualitas udara, teknologi pengelolaan kualitas udara dan sebagainya termasuk aspek hukum yang mendasari tindakan pengelolaan kualitas udara. Buku ini tidak hanya ditujukan kepada mahasiswa SIL, tetapi juga para pemerhati pengelolaan kualitas lingkungan dan masyarakat umum.

   

Buku ini ditulis oleh tim kurang lebih selama 12 bulan dan selesai dicetak sebanyak 200 eksemplar pada bulan November 2015. “Buku ini perlu ditulis dan disebarkan segera agar para mahasiswa dan masyarakat serta pemegang otoritas mempunyai pegangan minimum tentang pengelolaan kualitas udara yang selama ini tidak ada referensinya di Indonesia”, ujar dosen yang sudah mengajar di IPB sejak tahun 1989 ini.

Atas prestasi ini, Dept-SIL memberikan apresiasi kepada Pak Arief atas kerja kerasnya dalam membuat buku-buku tersebut. Diharapkan, buku ini mampu memberikan sumbangsih bagi pengelolaan kualitas udara di Indonesia. Selain itu, semoga karya Pak Arief ini dapat memotivasi dosen lain agar terus menciptakan karya yang bermanfaat bagi orang lain.

Last Updated on Sunday, 05 November 2017 16:28

Created and designed by YCW