Dept-SIL IPB Ikut Andil pada Kegiatan “Policy Research Network” di Los Banos, Filipina

Dosen Dept. SIL, Dr. Ir. Arief Sabdo Yuwono, M.Sc mengikuti kegiatan Workshop on Centers Policy Research Network di markas SEARCA (The Southeast Asian Regional Center for Graduate Study and Research in Agriculture) Los Banos, Filipina pada tanggal 8-10 Maret 2016 lalu. Kegiatan ini merupakan inisiasi akan dibentuknya sebuah jaringan dalam bidang penelitian tentang kebijakan (Policy Research). Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari negara-negara ASEAN. Delegasi Indonesia diwakili oleh Dr. Arief Sabdo Yuwono (BIOTROP), Dr. Helda Khusun (RECFON), Abubakar Alatas (SEAMOLEC) dan Punang Amaripuja (QITEP Math).

(Dr.  Arief, berdiri di tengah, kedua dari kiri)

Acara yang berlangsung selama 3 hari tersebut dibuka oleh Direktur SEARCA, Dr. Gil C. Saguiguit, Jr. Dalam sambutannya, Dr. Saguiguit mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan inisiatif dari SEAMEO Secretariat yang bermaksud mendirikan sebuah jaringan (network) yang bisa menjadi sarana tukar-menukar hasil penelitian tentang kebijakan yang dilakukan di negara-negara anggota ASEAN.

Kepala Divisi Teknik Lingkungan Dept-SIL yang sekaligus menjabat sebagai Deputi Direktur Bidang Manajemen Sumberdaya di SEAMEO Biotrop mengungkapkan bahwa acara ini penting untuk ditindaklanjuti guna lebih membumikan hasil-hasil penelitian yang telah dilaksanakan selama ini. Banyak hasil penelitian yang selesai sampai tahap publikasi ilmiah saja, dimana implementasi dari intisari hasil penelitian tersebut tidak bisa masuk hingga ke tahapan kebijakan.

Acara ini akan ditindaklanjuti dalam forum lain berupa Centers Director Meeting (CDM) yang akan berlangsung di Bangkok pada Agustus mendatang. Output yang diharapkan dari kegiatan tersebut adalah pematangan rencana pembentukan jaringan dimaksud di masing-masing negara anggota ASEAN.

 

Last Updated on Sunday, 05 November 2017 15:45

Created and designed by YCW