Dosen Dept-SIL Berbicara Mengenai Sustainable Water Management di Yogyakarta

Dosen Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL), Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta), Institut Pertanian Bogor (IPB) menjadi narasumber pada Focus Group Discussion: Sustainable Water Management in Borobudur and Surroundings Area, 9-10 Juni lalu di Hotel Manohara, Yogyakarta. Kegiatan ini dihadiri kurang lebih 30 peserta dari berbagai pemangku kepentingan (stakehoder). Pada kesempatan ini, narasumber dari Dept-SIL diwakili oleh Yanuar Chandra Wirasembada, ST, MSi yang berbicara tentang “Perkembangan Teknologi pengelolaan air bawah tanah berpotensi diterapkan di Taman Wisata Candi Borobudur”.

   

Kegiatan ini bertujuan untuk mencari solusi, adaptasi dan mitigasi kelangkaan air yang terjadi di wilayah Borobudur. Departemen Geofisika dan Meteorologi (GFM) IPB sebagai penyelenggara bekerjasama dengan UNESCO dan Taman Wisata Candi Borobudur mengundang stakeholder terkait seperti Puslitbang Borobudur, Camat Borobudur, Dinas Pekerjaan Umum Kab. Magelang, Dinas Pariwisata, Dinas Pertanian, dan beberapa universitas di Yogyakarta untuk diskusi mengenai manajemen air, terutama air bawah tanah.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini memfokuskan pada diskusi. Pada hari pertama, FGD dilaksanakan di Hotel Santika Premier, Yogyakarta. FGD ini memfokuskan pada manajemen air di kota Yogyakarta. Hari kedua dilanjutkan dengan FGD dengan topik yang sama di Borobudur.

Selain dari Dept-SIL, narasumber dari IPB yang berbicara pada FGD kali ini yaitu dosen dari Dept-GFM antara lain Dr. I Putu Santikayasa, SSi, MSc; Dr. Perdinan, MNRE; dan Yon Sugiarto, SSi, MSc. Acara FGD dimulai pada pukul 13.00 dan ditutup dengan buka puasa bersama.

Last Updated on Sunday, 05 November 2017 15:44

Created and designed by YCW