Fateta IPB Mengadakan Kerjasama dengan PT. Unilab Perdana

Dalam rangka penjajakan kerjasama di bidang pendidikan dan penelitian, Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL) Fakultas Teknologi Pertanian IPB berkunjung ke PT. Unilab Perdana di Jakarta pada hari Kamis, 12 Januari 2017 lalu. PT Unilab Perdana merupakan laboratorium swasta pertama yang memberikan jasa layanan bidang lingkungan hidup dan telah mendapatkan akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN). Pada kesempatan ini, Departemen SIL diwakili oleh Dr. Yudi Chadirin, STP, MSc; Dr. Ir. Arief Sabdo Yuwono, MSc; Dr. Ir. Yanuar J. Purwanto, MS, dan Dr. Chusnul Arif, STP, MSi.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari kedua belah pihak. Dalam sambutan tersebut, Direktur Utama PT. Unilab Perdana, Supandi, menyatakan bahwa PT. Unilab Perdana menyambut baik kerjasama dengan instansi luar, terutama dengan perguruan tinggi.

Hal senada juga disampaikan oleh Dr. Yudi Chadirin dalam sambutan berikutnya. Kerjasama ini secara umum mempunyai nilai positif tidak hanya bagi fakultas tetapi secara khusus juga berdampak bagi civitas akademik Dep-SIL. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Seminar Nasional Ikatan Ahli Teknik Lingkungan dan Penyehatan Indonesia (IATPI) yang diselenggarakan di Kampus Fateta IPB pada bulan Desember 2016.

Tujuan kerjasama ini yaitu meningkatkan mutu produk dan sumberdaya manusia, baik yang berada dalam lingkup PT. Unilab Perdana, maupun Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknologi Pertanian IPB.

Ruang lingkup kerjasama ini mencakup:

a.       Pelaksanaan pelatihan bagi karyawan Para Pihak

b.      Penelitian pengembangan produk, metode, dan protokol

c.       Penyediaan tempat praktik lapangan dan penelitian

d.      Pelaksanaan pertemuan ilmiah berupa seminar, lokakarya dan sejenisnya.

e.       Inisiasi pengembangan laboratorium pendidikan dalam rangka program teaching industry

Direncanakan, penandatanganan kontrak kerjasama (MoU) antara Fateta dan PT. Unilab Perdana dilaksanakan pada hari Rabu, 1 Februari 2017 diwakili oleh Dekan Fakultas Teknologi Pertanian, Prof. Dr. Ir. Kudang Boro Seminar, M.Sc dan Diretur Utama PT. Unilab Perdana, Supandi. (YCW-YCH)

 

Last Updated on Sunday, 05 November 2017 15:43

Created and designed by YCW