Dept-SIL Bekerjasama dengan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumaha Rakyat dalam Rangka Sosialisasi Pelatihan Jarak Jauh Bidang Konstruksi

Kamis, tanggal 06 April 2017 lalu Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL) IPB bekerjasama dengan Balai Penerapan Teknologi Konstruksi, Direktorat Jenderal Bina Konstruksi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPERA) mengadakan Sosialisasi Pelatihan Jarak Jauh Bidang Konstruksi (PJJBK) atau Distance Learning (DL) Bidang Konstruksi di Fakultas Teknologi Pertanian, IPB.

Tujuan adanya Pelatihan PJJBK adalah memberikan akses pengetahuan yang sebesar-besarnya kepada masyarakat jasa konstruksi di seluruh Indonesia dalam rangka capacity building di bidang konstruksi. Pelatihan yang diadakan di Departemen SIL ini meliputi 3 (tiga) bidang yaitu Pelatihan K3 Konstruksi, Ahli Muda Perencana Irigasi dan Ahli Muda Teknik Desain Jalan. Terdapat beberapa keuntungan dari mengikuti pelatihan ini diantaranya:

  1. Mendapatkan modul ajar sesuai standar kompetensi yang berlaku dan peraturan-peraturan terkait spesifikasi teknis
  2. Mendapatkan pengakuan dari LPJKN dimana sertifikat pelatihan PJJBK dapat menjadi syarat pemenuhan pelatihan minimum 50 JPL bagi yang baru lulus S1/D4. (SE LPJKN No: 04/SE/LPJK-N/II/2015)
  3. Mendapatkan pengakuan dari LPJKN tentang nilai Satuan Kredit Pengembangan Keprofesian (SKPK) (Perlem LPJKNNo 13 Tahun 2014)

Acara ini diikuti oleh mahasiswa dan alumni SIL, dengan jumlah keikutsertaan peserta sebanyak 81 orang. Selain untuk mengenalkan adanya PJJBK di Kementerian PUPERA, pada acara ini sekaligus dilakukan registrasi dari seluruh peserta pelatihan ke dalam sistem PJJBK. Setelah sosialisasi dan registrasi berbasis internet ini, seluruh peserta akan dapat mengikuti pelatihan jarak jauh yang dapat dilakukan dengan mandiri di tempat kerja, kuliah maupun di kediaman masing-masing, untuk kemudian mengikuti ujian secara online dan mandiri dalam jadwal dan waktu yang dapat ditetapkan masing-masing. Peserta yang berhasil dalam ujian akan mendapatkan sertifikat dari Direktorat Jenderal Bina Konstruksi (TSD).

 

 

Last Updated on Saturday, 08 April 2017 19:15

Created and designed by YCW