Mahasiswa D-SIL Berhasil Menjadi Juara Harapan 2 pada Green Building Competition di Universitas Diponegero, Semarang

Prestasi membanggakan kembali diukir oleh mahasiswa Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan (D-SIL) IPB. Tim yang terdiri dari Ridho Aarasy (F44140007), Rangga Apriliyanto (F44140039) dan Ridho Adhytia Dwi Putra (F44140082) berhasil mendapatkan predikat Juara Harapan 2 pada Green Building Competition 2017 di Universitas Diponegoro, Semarang pada tanggal 10 November 2017 lalu.

Tim yang diketuai oleh Ridho Aditya Dwi Putra berangkat dari Bogor menuju Semarang ini dengan semangat dan motivasi tinggi. Karya yang dipresentasikan merupakan buah karya hasil pemikiran mahasiswa dengan judul FGI (Fabricated Green Structure Infrastructure) di Rest Area Jalan Tol .

Karya ini merupakan novasi desain tempat perisitirahatan di jalan tol dengan metode pengerjaan struktur yang cepat, praktis dan sederhana. Inovasi ini menggunakan peti kemas atau kontainer sebagai salah satu struktur bangunan rest area dan penggunaan material insulator Glasswool dalam menyerap energi panas dan energi suara. Selain itu, menerapkan knockdown system sebagai metode pengerjaan struktur pada bangunan gedung sehingga pelaksanaan struktur gedung cepat dan praktis.

Lomba ini diikuti oleh kurang lebih 11 peserta semifinalis dari 8 universitas di Indonesia, antara lain Universitas Teknologi Yogyakarta, Universitas 11 Maret, Universitas Negeri Malang, Institut Teknologi Sepuluh November, dll. Dosen pembimbing tim, Muhammad Fauzan, S.T, M.T mengungkapkan bahwa mahasiswa D-SIL memiliki semangat berkompetisi yang baik sehingga ini adalah kesempatan baik untuk mahasiswa menunjukkan kapasitasnya.

Segenap civitas akademika D-SIL mengucapkan selamat kepada para mahasiswa yang sudah membawa nama almamater di tingkat nasional. Semoga prestasi ini bisa menjadi motivasi bagi mahasiswa D-SIL lain agar terus meningkatkan prestasi tidak hanya di lingkup lokal tetapi juga nasional bahkan internasional. (YCW)

Last Updated on Monday, 13 November 2017 14:59

Created and designed by YCW