Notice: Undefined index: HTTP_ACCEPT_LANGUAGE in /home/sil.fateta/htdocs/index.php on line 12 Prof. Hiroshi Matsuda Memberikan Kuliah Tamu di Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan IPB

Prof. Hiroshi Matsuda Memberikan Kuliah Tamu di Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan IPB

Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan (D-SIL) IPB menerima kunjungan dari guru besar Yamaguchi University, Prof. Hiroshi Matsuda dari tanggal 15 sampai dengan 27 Februari 2018. Beliau merupakan guru besar yang ahli di bidang geoteknik dan mekanika tanah. Kunjungan ini merupakan bentuk kerjasama antara IPB dengan Universitas Yamaguchi di bidang penelitian dan akademik.

Kegiatan utama beliau yaitu melakukan uji coba laboratorium (lab test) drainase bawah tanah menggunakan teknologi sheetpipe. Selain itu, Prof. Matsuda juga menyempatkan diri untuk memberikan kuliah untuk mahasiswa sarjana dan pascasarjana D-SIL.

Dalam kuliahnya, Prof. Matsuda menyampaikan kuliah dengan topik “Application of Granulated Blast Furnace Slag As A Geotechnical Material” untuk mahasiswa pascasarjana. Sedangkan untuk mahasiswa sarjana, beliau memberikan kuliah dengan topik “Earthquake-Induced Ground Deformation for Natural Disaster Mitigation”. Walaupun kuliah ini berbahasa inggris, namun antusiasme mahasiswa cukup tinggi. Banyak pertanyaan dari mahasiswa SIL terkait kuliah ini.

Prof. Matsuda juga mengajak mahasiswa D-SIL untuk aktif mendalami ilmu geoteknik mengingat geoteknik merupakan salah satu dasar dari ilmu teknik sipil. Pada kesempatan ini, Prof. Matsuda didampingi oleh dosen Divisi Teknik Lingkungan, Dr. Satyanto K. Saptomo, STP, MSi. Selain itu, hadir juga dosen dari Divisi Teknik Struktur dan Infrastuktur, Dr. Heriansyah Putra, S.Pd, M.Eng. (YCW)

Last Updated on Tuesday, 27 February 2018 19:59

Created and designed by YCW