Web
Analytics
Dosen SIL Berpartisipasi pada Seminar Teknologi Pertanian di Balai Besar Penelitian Padi, Sukamandi

Dosen SIL Berpartisipasi pada Seminar Teknologi Pertanian di Balai Besar Penelitian Padi, Sukamandi

 

 

Sebanyak empat dosen Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan (D-SIL) IPB mengikuti seminar teknologi pertanian yang diadakan oleh Agricultural Research Institute – Ishikawa Prefecture, Jepang di Balai Besar Penelitian Padi, Sukamandi, Subang, Jawa Barat pada Selasa, 6 Maret 2018 lalu. Keempat dosen tersebut yaitu Prof. Budi Indra Setiawan, Dr. Satyanto Krido Saptomo, Dr. Chusnul Arif dan Yanuar Chandra W, M.Si.

Selain itu, mereka juga memberikan kesempatan kepada alumni mahasiswa magister D-SIL, Septian Fauzi Dwi Saputra, M.Si untuk ikut berpartisipasi pada seminar ini. Seminar ini bertema “Rice Farming Technology – Japan Case” dengan pembicara utama yaitu Yoshiaki Shimada (Direktur PT. Komatsu Japan) dan Noritaka Nakamura, peneliti senior Jepang di bidang pertanian.

Seminar ini membahas teknologi drainase terbaru berupa sheetpipe yang sudah banyak digunakan di lahan pertanian Jepang. Teknologi ini merupakan teknologi drainase yang menggunakan pipa berlubang (perforated pipe) berbahan dasar plastik dan ditanam di dalam tanah dengan menggunakan sejenis traktor yang disebut mole drainer.

Dengan teknologi ini, lahan pertanian di Jepang dapat terhindar dari genangan yang terjadi dari irigasi maupun curah hujan yang berlebih. Teknologi ini juga meningkatkan produktivitas lahan hingga dua sampai tiga kali lipat.

Rencananya, teknologi ini akan diaplikasikan di Indonesia dalam waktu dekat. Untuk percobaan, pemasangan sheetpipe akan dilakukan di lahan pertanian di Balai Besar Penelitian Padi Sukamandi, Subang minggu depan.

Prof. Budi dalam sambutan acara ini menyatakan bahwa sudah saatnya teknologi pertanian yang modern diterapkan di lahan pertanian di Indonesia. Hingga saat ini, masih banyak lahan pertanian di Indonesia yang masih mengandalkan gejala alam untuk bercocok tanam. Padahal, jika mampu mengkombinasikan antara alam dan teknologi, hasil panen tentu akan meningkat jauh lebih besar.

Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan IPB menjadi salah satu dari pihak yang diundang secara khusus oleh PT. Komatsu Japan dan BB Padi. Diharapkan, D-SIL dapat menjadi pionir dalam menerapkan teknologi baru ini di Indonesia di masa yang akan datang. (YCW)

Last Updated on Sunday, 18 March 2018 05:38

Created and designed by YCW