Web
Analytics
Dosen D-SIL Ikut Andil Meresmikan Pemasangan Sheetpipe Perdana di Indonesia

Dosen D-SIL Ikut Andil Meresmikan Pemasangan Sheetpipe Perdana di Indonesia

     

Guru Besar Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan (D-SIL) IPB, Prof. Dr. Ir. Budi Indra Setiawan, M.Agr kembali ikut andil dalam pemasangan teknologi sheetpipe perdana di Indonesia. Dalam kesempatan ini, beliau kembali didampingi oleh dosen D-SIL yang sama seperti kesempatan sebelumnya, yaitu Dr. Chusnul Arif, Dr. Satyanto K. Saptomo, Yanuar Chandra W, M.Si dan alumni S2 SIL, Septian Fauzi Dwi Saputra, M.Si.

Pemasangan sheetpipe perdana ini dilaksanakan pada hari Selasa, 13 Maret 2018 lalu di Balai Besar Penelitian Tanamanan Padi Sukamandi, Subang, Jawa Barat.

Dalam peresmian ini, hadir pula Direktur Utama PT. Kyouwa Kensetsu Kogyo Japan, Koremasa Tamura; Guru Besar Yamaguchi University, Prof. Hiroshi Matsuda; dan peneliti-peneliti senior dari Jepang lainnya. Untuk institusi dalam negeri, selain D-SIL IPB, hadir juga perwakilan dari Kementrian Pertanian RI dan perusahaan-perusahaan swasta yang bergerak di bidang agroindustri.

Acara ini memberikan pemahaman dan pengetahuan bagaimana prosedur dalam pemasangan sheetpipe di lahan pertanian, khususnya lahan sawah. Sheetpipe yang masih dalam bentuk lembaran selanjutnya dibentuk menjadi pipa dan ditanam di bawah tanah dalam satu proses menggunakan sejenis traktor khusus yang disebut mole drainer.

Dengan teknologi ini, drainase di lahan pertanian menjadi lebih optimal dan mampu menghilangkan genangan di permukaan tanah dengan cepat. Hal tersebut tentu memicu produktivitas tanaman yang ditanam di lahan tersebut menjadi meningkat.

 

Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan IPB menjadi salah satu dari pihak yang diundang secara khusus oleh PT. Kyouwa Kensetsu Kogyo Japan dan BB Padi. Diharapkan, D-SIL dapat menjadi pionir dalam menerapkan teknologi baru ini di Indonesia di masa yang akan datang. (YCW)

Last Updated on Sunday, 18 March 2018 05:45

Created and designed by YCW