Dosen dan Mahasiswa SIL Berkunjung ke Pusat Teknologi Satelit (LAPAN)

 

Pada Kamis 8 Maret 2018, Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL) melakukan kunjungan ke Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) LAPAN di Ranca Bungur, Bogor. Kegiatan tersebut dihadiri oleh SIL angkatan 53 serta beberapa dosen, diantaranya Dr. Ir. Nora Herdiana Pandjaitan, DEA, Dr. Chusnul Arif, S.TP, M.Si, Ir. Mahmud Raimadoya, M.Sc, dan Maulana Ibrahim Rau, S.T, M.Sc.

Kegiatan ini dikhususkan untuk mahasiswa SIL angkatan 53 sebagai bagian dari Mata Kuliah TekniK Radar Interferometri (SIL 234). Acara kunjungan dilakukan untuk memperoleh informasi lebih detail mengenai teknologi satelit terbaru Indonesia yaitu LAPAN A5/LAPAN-CHIBASat (menggunakan teknologi Synthetic Aperture Radar), di mana sebelumnya pada tahun 2016 telah diluncurkan LAPAN A3 (LAPAN-IPB Satellite).

Acara tersebut dibuka oleh Kepala Bidang Diseminasi Pusteksat LAPAN, yaitu Wahyudi Hasbi, S.Si, M.Kom. Beberapa kegiatan pada acara tersebut diantaranya adalah pengenalan sistem desain satelit SAR LAPAN (oleh Dr. Ir. Robertus Heru Triharjanto, M.Sc.), pengenalan muatan satelit SAR LAPAN (oleh Dwiyanto, M.T.), serta kunjungan ke beberapa fasilitas pusat teknologi satelit, diantaranya adalah Assembly, Integration, and TEST (AIT), dan Ground Station Control Centre (GSCC). Acara ditutup dengan kegiatan foto bersama di depan gedung GSCC.

Sebagai tindak lanjut dari acara tersebut, SIL-IPB diberikan kesempatan untuk mahasiswa melakukan Praktikum Lapangan (PL) serta penelitian di Pusat Teknologi Satelit LAPAN, baik topik mengenai LAPAN A3 (LiSAT) (terkait topic mengenai pengindereaan jauh), maupun LAPAN A5 (terkait dengan topic mengenai sistem desain satelit SAR).  (MIR)

Last Updated on Tuesday, 20 March 2018 07:53

Created and designed by YCW