Orasi Guru Besar Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan

Ketua Divisi Teknik Lingkungan, Prof. Dr. Ir. Arief Sabdo Yuwono, M.Sc berkesempatan untuk melakukan Orasi Ilmiah Guru Besar Institut Pertanian Bogor. Orasi ilmiah ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 Maret 2018 lalu di Gedung Andi Hakim Nasution, Kampus IPB Dramaga.

Pada kesempatan ini, Prof. Arief menyampaikan orasi ilmiahnya dengan mengusung tema “Tantangan dan Prospek Implementasi Teknik Lingkungan untuk Kesejahteraan Manusia”. Tema ini merupakan kompilasi tidak hanya hasil penelitian dan pengbdian masyarakat, tetapi juga dari pengalaman bekerja bersama pihak swasta.

Dalam orasi ini, Prof. Arief banyak memaparkan bagaimana kendala dan tantangan dalam menerapkan ilmu teknik lingkungan tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari, tetapi juga dalam mengambil kebijakan yang pro lingkungan. Menurutnya, tantangan untuk mengimplementasikan teknik lingkungan bukan terletak pada hal teknis, tetapi pada aspek budaya, hukum dan ekonomi.

Orasi ilmiah ini dihadiri oleh tamu undangan tidak hanya dari IPB tetapi juga dari institusi lain baik dari dalam dan luar negeri. Acara dimulai pukul 08.45 WIB dan selesai pukul 12.00. Acara ditutup dengan doa setelah selesai pemberian penghargaan bagi para guru besar yang menyampaikan orasi.

Pada kesempatan ini juga, dua guru besar lain ikut menyampaikan gagasan ilmiahnya. Kedua guru besar tersebut yaitu Prof. Dr. Tati Nurhayati, S.Pi, M.Si yang mengusung tema “Terobosan Baru Produksi Pepton di Indonesia Berbahan Baku Limbah Hasil Perikanan”.

Guru besar lainnya yaitu Prof. Dr. Toni Bakhtiar, S.Si, M.Sc yang mengusung tema “Riset Operasi dan Sains Manajemen: Sebuah Upaya Mencari dan Memberi yang Terbaik”. (YCW)

 

Last Updated on Saturday, 24 March 2018 16:25

Created and designed by YCW