Program Kerja Himatesil

No

Nama Kegiatan

Deskripsi Singkat

Tujuan Kegiatan

 

Waktu dan Tempat

 
 

1

Upgrading Engineering 2016

Peningkatan skill dan kapabilitas mahasiswa SIL dalam pelatihan softskill oleh professional trainer, pelatihan ISO, seminar keprofesian, outbond, serta malam pengakraban.

·    Standarisasi Kualitas Mahasiswa Departemen Teknik sipil dan Lingkungan.

·    Meningkatkan wawasan mahasiswa SIL mengenai profesi di bidang TeknikSipil dan lingkungan.

·    Meningkatkan wawasan dan ilmu praktek secara langsung untuk engineering software dan alat-alat pengerjaan dalam bidang Teknik Sipil dan Lingkungan.

· Meningkatkan rasa saling memiliki dan  solidaritas antar Mahasiswa SIL.

 

Waktu: Seminar Keprof, 28 Februari 2016

Tempat: Auditorium Abdul Muis Nasution

 

Waktu: Pelatihan ISO, 21 Mei 2016

Tempat: Auditorium Abdul Muis Nasution

 

Waktu: Outbond, 5 Maret 2016

Tempat: Pusdikzi TNI

 

Waktu dan Tempat: Pelatihan Softskill

-    3 September 2016, Koridor Fateta

-    10 September 2016, Auditorium Abdul Muis Nasution

-    17 September 2016, Proyek Sekitar Kampus

-    24 September 2016, Perumahan Dosen

 

 

2

CIVIL!tion dan SIL Goes To PIMNAS (SGTP)

Rangkaian kegiatan peningkatan softskill mahasiswa dalam bidang keprofesian Teknik Sipil dan Lingkungan serta melakukan persiapan dan pelatihan pembuatan karya tulis ilmiah yang dilakukan oleh mahasiswa SIL. Pelatihan dan pembekalan diri dilakukan dengan mengundang professional trainer di bidangnya. Kegitatan berupa pelatihan software (Autocad, SAP 2000, sketchup), pelatihan penggunaan alat-alat di bidang Teknik Sipil dan Lingkungan (Uji sondir) dan Kunjungan proyek diharapkan mampu mendorong wawasan keprofesian para mahasiswa. Pembekalan diri mahasiswa dilakukan pula dengan diadakannya workshop  yang diharapkan mampu menambah ide dan kesadaran mahasiswa membuat proposal PKM dalam terwujudnya IPB juara umum Pimnas. Selain itu, diharapkan dapat menambah minat mahasiswa untuk untuk mengikuti lomba-lomba tingkat nasional bahkan internasional di bidang teknik sipil dan lingkungan.

·   Mengembangkan kemampuan mahasiswa SIL dari segi keahlian, kemampuan dan wawasan di bidang Teknik Sipil dan Lingkungan sebagai persiapan di dunia kerja.

·   Meningkatkan minat mahasiswa SIL dalam mengikuti PKM dan lomba-lomba dari universitas lain yang berhubungan dengan Teknik Sipil dan Lingkungan.  Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah. Meningkatkan prestasi di bidang akademik mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan

Waktu: Pelatihan Software, 7, 14, dan 21 September 2016

Tempat: Rk. Pinus

 

 

Waktu: Pelatihan Uji Sondir, 26 Mei 2016

Tempat: Fateta

 

 

Waktu: Sil Goes To Pimnas,   Maret-Mei 2016

Tempat: Fateta

 

3

Bina Bhakti Himatesil

Pengaplikasian pembelajaran yang telah diperoleh di bidang Teknik Sipil dan Lingkungan dalam memecahkan permasalahan di masyarakat pedesaan secara berkelanjutan. Serta pengenalan

 

·   Meningkatkan implementasi keilmuan Mahasiswa/i SIL untuk terlibat dalam penanganan permasalahan desa yang sifatnya berkelanjutan.

·   Memperkenalkan Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan (HIMATESIL) IPB kepada warga desa tersebut secara khusus dan kepada warga desa sekitarnya secara umum.

Waktu: 14 – 15 Mei 2016 dan 12 Oktober 2016

 

Tempat: Desa binaan LPPM IPB/Desa lingkar kampus IPB Darmaga.

 

 

 

4

AKSIL (Aksi Himatesil)

Kegiatan bakti sosial yang dilakukan oleh mahasiswa/i SIL yang diawali dengan lomba kewirausahaan sebagai sarana pengembangan minat dan bakat mahasiswa SIL, juga sebagai salah satu sumber dana bakti sosial selain donasi dari mahasiswa.

Meningkatkan jiwa kewirausahaan pada Mahasiswa/i SIL serta meningkatkan kepedulian dan empati Mahasiswa/i SIL untuk terlibat dalam pemberian bantuan kepada masyarakat.

Waktu: 12 Oktober 2016 presentasi inovasi kewirausahaan.

Tempat: RK V 203  

 

5

Gerakan Cinta Bumi (GECIMI)

Program ini menjadi salah satu media yang dapat melahirkan rasa cinta terhadap lingkungan baik pada mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan maupun pada siswa-siswi SMA. Selain itu, mahasiswa bersama-sama dapat membantu mewujudkan upaya pemeliharaan lingkungan disekitar Bogor melalui pembuatan biopori.

Menjadi wadah bagi mahasiswa/i untuk mengasah rasa peduli dan rasa tertarik pada permasalahan lingkungan. Meningkatkan soft skill atau keterampilan Mahasiswa/i Teknik Sipil dan Lingkungan dalam penanganan permasalahaan lingkungan serta ikut memperkenalkan Teknik Sipil dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor.

Waktu : 22 Maret 2016

 

Tempat : Sekolah Menengah Atas Kota/ Kabupaten Bogor.

 

6

Indonesian Civil and Environmental Festival (ICEF) 2016

ICEF merupakan sebuah rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada bulan November 2016. Rangkaian kegiatan ICEF terdiri dari lomba, expo, dan seminar. Kegiatan lomba ditujukan untuk siswa tingkat SMA/sederajat dan mahasiswa/i.  Kegiatan lomba terdiri dari lomba fotografi, desain poster, essay, Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), desain eco-village,  dan Inovasi Bahan Bangunan (IBB). Kegiatan Expo ditujukan untuk menampilkan karya-karya mahasiswa, dosen serta peserta lomba ICEF. Kegiatan Seminar merupakan acara puncak dari ICEF, dimana mengundang berbagai pakar yang sesuai sebagai pembicara.

·   Meningkatkan wawasan, profesionalitas, keterampilan, serta keilmuan mahasiswa dalam bidang Teknik Sipil dan Lingkungan.

·   Mengembangkan minat dan bakat mahasiswa melalui kompetisi atau perlombaan di bidang Teknik Sipil dan Lingkungan.

·   Meningkatkan kepedulian pelajar serta mahasiswa terhadap lingkungan.

·   Memperkenalkan Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan IPB di kalangan pelajar Indonesia.

·   Memperluas jaringan dan komunikasi mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan.

Waktu: Lomba, 15 Oktober 2016.

Tempat: Common Class Room (CCR)                                     

 

Waktu: Expo, 12-14 Oktober 2016.

Tempat: Koridor FEMA                

 

Waktu: Seminar Nasional, 16 Oktober 2016.

Tempat: Auditorium Andi Hakim Nasoetion

 

7

Himatesil Goes to University & Company and Project Visit 2016

Rangkaian kunjungan Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan IPB ke Himpunan Universitas lain guna mempererat hubungan silahturahmi serta perusahaan kontrkator ataupun dalam proyek yang bekerja di  bidang Teknik Sipil dan Lingkungan.

 

· Memperkenalkan dan mensosialisasikan Teknik Sipil dan Lingkungan serta HIMATESIL IPB ke universitas/institusi lain.

·   Meningkatkan wawasan mahasiswa/i SIL  serta mengetahui secara langsung bagaimana penerapan ilmu yang telah dimiliki di dunia kerja. Serta untuk menciptakan jaringan komunikasi mahasiswa/i SIL dengan perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang Teknik Sipil dan Lingkungan.

Waktu: 5-8 Mei 2016

Tempat: Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta

 

Waktu: 5-8 Mei 2016

Tempat: Bendungan Gajah Mungkur, Wonogiri

 

8

ASC 2016

Suatu kegiatan tahunan yang dilakukan dengan menyalurkan minat dan bakat Mahasiswa di bidang olahraga, seni dan budaya melalui turnamen olahraga dan seni, olahraga rutin tiap bulan, dan persiapan turnamen internal dan eksternal yang turut mengajak seluruh civitas akademika SIL termasuk seluruh alumni SIL. Lalu ditutup dengan MUMS (Malam Untuk Mengapresiasi Seni) yang menjadi media penyaluran bakat seni bagi seluruh Mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan.

Untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa SIL, menemukan dan menyaring bakat - bakat mahasiswa SIL, memaksimalkan minat dan bakat mahasiswa SIL dalam bidang olahraga dan seni. Sehingga diharapkan mampu berprestasi di bidang olahraga dan seni.

Sil sport and art competition

Waktu: 1 Maret – 31 Maret 2016

Tempat: Sapta, Gymnasium, GOR Lama IPB

 

Sil Sehat Setiap Saat

Waktu:Maret – Oktober 2016

Tempat:Lingkungan Fateta

 

Persiapan Turnamen dan Lomba

Waktu:  April – Oktober 2016

Tempat:Lingkungan IPB

 

MUMS 2016

Waktu: Oktober 2016

Tempat:Auditorium Toyib Hadi Wijaya IPB

 

 

9

Himatesil Talk and Discussion

Temu Angkatan Teknik Sipil dan Lingkungan:Acara yang dkhususkan untuk alumni dan Mahasiswa/i Teknik Sipil dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor untuk meningkatkan relasi Mahasiswa/i aktif dan alumni guna meningkatkan wawasan lapangan pekerjaan berdasarkan pengalaman alumni serta meningkatkan silaturahmi keluarga besar Teknik Sipil dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor.

Meningkatkan relasi Mahasiswa/i aktif dan alumni guna meningkatkan wawasan lapangan pekerjaan berdasarkan pengalaman alumni serta meningkatkan silaturahmi keluarga besar Teknik Sipil dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor

Waktu: Minggu ke-4 Agustus 2016

Tempat: Koridor FATETA

 

10

Graduation day dan Open House

Rangkaian kegiatan mahasiswa/i Teknik Sipil dan Lingkungan angkatan 50 dan 51 dalam penyambutan angkatan 53 dan pelepasan serta pemberian apresiasi kepada angkatan 47, 48 dan 49.

·   Mengumpulkan arsip sebagai database dan dokumentasi untuk Mahasiswa baru dan lulusan Teknik Sipil dan Lingkungan IPB.

·   Menjalin komunikasi antar angkatan terutama kepada lulusan Teknik Sipil dan Lingkungan IPB.

Waktu : Januari, Maret, Mei, Juli, September, Oktober 2016

Tempat : GWW IPB

 

11

Kakak Asuh

Program pendampingan personal yang intensif kepada mahasiswa Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan angkatan baru sebagai sarana perkenalan dan penunjang keakraban antar angkatan.

· Mengenalkan dan mengakrabkan mahasiswa antar angkatan.

· Menumbuhkan rasa menghormati dan memiliki Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan.

Waktu :Januari – Oktober 2016

Tempat:Lingkungan IPB

 

12

SIL Care

Kegiatan pendataan dan pengusahaan kesejahteraan mahasiswa lintas angkatan  Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan IPB melalui kegiatan pencarian donatur, iuran rutin, dan program pemberian bantuan insidental kepada mahasiswa SIL yang membutuhkan

 

· Meningkatkan kesejahteraan mahasiswa SIL.

· Memberikan bantuan biaya pendidikan rutin setiap bulan.

· Memberikan bantuan insidental kepada mahaiswa SIL yang membutuhkan.

Waktu :

Januari – Desember 2016

 

Tempat :

Lingkungan IPB

 

13

Civil Environmental Engineering-NEWS (C.E.E-NEWS)

C.E.E-NEWS adalah kegiatan jurnalisme yang memberikan informasi dan publikasi khususnya kepada Mahasiswa SIL dan Mahasiswa IPB pada umumnya melalui media cetak berupa mading dan buletin bulanan, maupun melalui media elektronik berupa web dan jejaring sosial lainnya secara berkala, tentang informasi beasiswa dan keterkinian teknologi Teknik Sipil dan Lingkungan. Selain itu, ada kegiatan jurnalistik dan dokumentasi berupa pembuatan majalah tahunan yang berisi profil singkat Himatesil, serta informasi dan teknologi keterkinian di bidang teknik sipil dan lingkungan dan juga berupa pembuatan buku tahunan kepengurusan yang berisi profil singkat kepengurusan dan kaleidoskop seluruh kegiatan-kegiatan Himatesil.

·    Memberikan informasi secara menyeluruh kepada Mahasiswa SIL sehingga menambah wawasan tentang teknologi terkini yang berkaitan dengan Teknik Sipil dan Lingkungan.

·    Meningkatkan softskill Mahasiswa SIL dalam bidang jurnalistik.

·      Majalah Dinding dan Media Sosial

Waktu : Februari hingga Oktober setiap adanya informasi terkini.

Tempat : sekretariat Himatesil & Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan IPB.

 

·      WEB

Waktu : Minggu ke-4 Februari sampai dengan Minggu ke-4 Oktober 2016.

 

·      *SIL GAZE

Waktu :  minggu ke -2 November 2016 (diterbitkan 1 kali setahun).

Tempat : sekretariat Himatesil & Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan IPB.

 

·      Buletin

Diterbitkansetiap bulan dari Minggu ke-3 Februari hingga Minggu-4 Oktober 2016 (terbit 6 kali dalam satu periode kepengurusan).

Tempat : sekretariat Himatesil dan Departemen Teknik Sipil dan Lingkunga IPB.

 

·      Buku Tahunan Kepengurusan 2016 diterbitkan pada minggu ke-1 November 2016(diterbitkan 1 kali setahun)

Tempat: Sekretariat Himatesil.

 

14

Obsesi (Operasi Bersihdan inventarisasi Sekret Berprestasi)

Program Kerja ini merupakan Kegiatan yang dilakukan terkait dengan peningkatan sistem administrasi,  kearsipan, kewirausahaan, dan  pemeliharaan fasilitas yang telah disediakan, disertai dengan pengadaan -barang-barang keperluan kesekretariatan beserta pengelolaan barang wirausaha mandiri, serta kegiatan menjaga kebersihan dan keyamanan sekretariat Himatesil bersama.

Sebagai bentuk perwujudan sentralisasi administrasi dengan mengelola, menyimpan dan mengarsipkan surat-surat beserta dokumen Himatesil, serta mewadahi minat dan bakat kewirausahaan ,dan Meningkatkan sikap peduli kebersihan terhadap lingkungan untuk kesehatan dan keindahan secretmahasiswaDepartemen Teknik Sipil dan Lingkungan.

Waktu: Setiap minggu sekali

Tempat:Sekretariat Himatesil

 

 

Last Updated on Monday, 25 April 2016 13:53

Created and designed by YCW