Pengabdian

Fokus PPM

Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPM) dilakukan dalam upaya mendukung kompetensi dan mandat departemen SIL. Dosen, mahasiswa S1 dan S2 serta teknisi / laboran bersinergi dalam pelaksanaan PPM yang dibiayai oleh DIKTI, swasta, ataupun lembaga-lembaga donor internasional. 
 
Fokus PPM meliputi pengembangan dan penerapan ilmu teknik untuk perencanaan dan pengelolaan sumberdaya air, infrastruktur dan bangunan, serta penanganan polusi dan sanitasi lingkungan.
 
Masing-masing divisi yang ada di Departemen SIL melakukan penelitian sesuai dengan mandat divisi dengan ruang lingkup sebagai berikut.
 
  1. Pengembangan dan penerapan ilmu teknik dalam perencanaan (planning), rancang bangun (design) serta pengelolaan (management) struktur dan infrastruktur
  2. Pengembangan dan penerapan ilmu teknik untuk mencegah (preventing), mengurangi (reducing), dan menangani (treating) polusi udara, air dan tanah serta memperbaiki kualitas sanitasi lingkungan
  3. Pengembangan dan penerapan ilmu teknik dalam perencanaan (planning), rancang bangun (design) dan pengelolaan (management) sumberdaya air beserta bangunan-bangunannya
  4. Pengembangan dan penerapan ilmu teknik geomatika untuk perencanaan (planning), perancangan (design), analisis dan evaluasi di bidang teknik sipil dan lingkungan.
 
Beberapa lembaga yang telah bekerja sama melakukan penelitian dan pengabdian diantaranya RIHN (Riset for Humanity and Nature), Osaka Gas Foundation, PAWEES (Paddy and Water Environment Engineering), The University of Tokyo, Utsunomiya University, University of Kentucky, University of Minnesota, RAPP (Riau Andalan Pulp and Paper), PT. Sinarmas Forestry, PT Geosistem, dan lain-lain.
 

Last Updated on Monday, 27 June 2016 10:48

Teaching Farm

Guna mendukung kompetensi lulusan departemen SIL, mahasiswa dan dosen SIL melakukan penelitian tidak hanya di laboratorium tetapi juga di lapangan yang berupa teaching farm yang berada di beberapa desa antara lain Desa Gabus Wetan dan Kedokan Gabus di Indramayu, Desa Cikarawang di Kabupaten Bogor, dll.

Last Updated on Monday, 25 April 2016 13:42

Desa Binaan

Departemen SIL ikut berperan serta dalam membina desa-desa yang berada di lingkar kampus Dramaga. Kegiatan ini dikoordinir oleh LPPM IPB dengan melibatkan unit-unit kerja yang ada di IPB, termasuk Dept-SIL. Sasaran desa lingkar kampus ini diantaranya Desa Babakan, Balumbang Jaya, Benteng, Cibanteng, Ciherang, Cihideung Ilir, Cihideung Udik, Cikarawang, Darmaga, Neglasari, Petir, Situgede, Margajaya, Sinarsari, Purwasari, Sukadamai, Sukawening, dan lain-lain. 

Last Updated on Monday, 25 April 2016 13:42

Kegiatan PPM

Selamat datang di website Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL) IPB. Ini adalah website resmi (official website) berisi informasi mengenai seluruh kegiatan civitas akademika Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL). Namun, kami mohon maaf karena website ini masih sedang dalam tahap penyempurnaan. Silahkan kembali beberapa saat lagi...

Last Updated on Monday, 25 April 2016 13:41

More Articles...

Created and designed by YCW