Profil SIL

Halaman ini berisi informasi mengenai profil dan struktur organisasi Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan IPB.

Visi dan Misi Dept SIL

Visi dan Misi Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan adalah sebagai berikut.

 

VISI DEPARTEMEN TEKNIK SIPIL DAN LINGKUNGAN

“Menjadi institusi pendidikan tinggi terkemuka di bidang teknik sipil dan lingkungan  yang diakui secara internasional dengan kompetensi inti pada rekayasa sesuai dengan kaidah-kaidah ekologis dan kelestarian lingkungan”

 

MISI DEPARTEMEN TEKNIK SIPIL DAN LINGKUNGAN

Dalam melaksanakan Tridharmanya, Departemen SIL memiliki misi sebagai berikut:

1.   Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang bermutu, efisien dan efektif dengan menerapkan sistem pengelolaan yang modern dan profesional;

2.   Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian dasar, terapan dan strategis;

3.   Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dan berkontribusi dalam pembangunan nasional yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan;

4.   Menjalin jejaring dengan berbagai institusi, baik institusi di dalam negeri maupun institusi di luar negeri;

5.   Membangun karakter kewirausahaan mahasiswa melalui kegiatan tridharma.

 

VISI PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL DAN LINGKUNGAN

Menjadi program studi yang unggul dengan kualitas lulusan yang kompeten dan berdaya saing khususnya di bidang Teknik Sipil dan Lingkungan pada tahun 2018

 

MISI PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL DAN LINGKUNGAN

 

1.   Menyelenggarakan pendidikan tinggi program sarjana yang berkualitas, yang secara efektif dan efisien mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing

2.   Meningkatkan secara terus menerus mutu penyelenggaraan pendidikan untuk memberikan layanan yang terbaik kepada seluruh pemangku kepentingan

3.   Meningkatkan kerjasama dengan berbagai institusi di dalam dan luar negeri untuk menunjang kegiatan pendidikan

Last Updated on Tuesday, 02 August 2016 13:56

Deskripsi Singkat SIL

Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL) dibentuk berdasarkan SK Rektor IPB No. 001/I3/OT/2008 tanggal 21 Januari 2008. Departemen SIL mempunyai visi menjadi satuan pelaksana pendidikan tinggi unggulan dalam pengembangan IPTEKS dan sumberdaya manusia dengan kompetensi utama teknik sipil dan lingkungan termasuk penerapannya untuk pertanian tropika. Untuk mencapai visi tersebut, Departemen SIL menyelenggarakan pendidikan tinggi yang bermutu, efisien dan efektif dengan menerapkan sistem pengelolaan yang modern dan professional. Diharapkan dapat dihasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi di bidang Teknik Sipil dan Lingkungan dengan kemampuan komunikasi yang efektif, memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi, berkarakter kewirausahaan serta berlandaskan pada kode etik profesional. 
 
Berdasarkan SK Rektor IPB Nomor 077/IT3/DT/2012, Departemen SIL berhak meluluskan mahasiswa dengan menyandang gelar Sarjana Teknik (ST). Gelar lulusan Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan  merupakan gelar Sarjana Teknik pertama di Institut Pertanian Bogor.

Last Updated on Friday, 19 February 2016 10:06

Tujuan Dept SIL

Dalam melaksanakan visi dan misinya, maka Departemen SIL memiliki tujuan di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan di bidang teknik sipil dan lingkungan yang kompeten dan memiliki daya saing yang kuat dalam pasar kerja global.
  2. Mengembangkan penelitian-penelitian inovatif, dasar, terapan, dan strategis untuk mendukung proses belajar-mengajar serta pengembangan ilmu dan teknologi yang sejalan dengan kebutuhan dan tantangan di masyarakat.
  3. Mengimplementasikan penemuan-penemuan di bidang teknik sipil dan lingkungan dalam menjawab masalah masyarakat dan untuk memperkaya proses pendidikan.

Tujuan Program Studi Teknik Sipil dan Lingkungan:

  1. Menghasilkan lulusan program sarjana di bidang teknik sipil dan lingkungan yang kompeten dan memiliki daya saing yang tinggi di pasar tenaga kerja global, serta menjunjung tinggi kode etik professional.
  2. Mengembangkan dan memanfaatkan hasil penelitian di bidang teknik sipil dan lingkungan berbasis sumberdaya tropis untuk dapat memperkaya proses pendidikan dan berkontribusi pada pembangunan nasional.
  3. Meningkatkan peran nyata dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat khususnya yang berkaitan dengan bidang Teknik Sipil dan Lingkungan

 

Last Updated on Tuesday, 02 August 2016 14:18

Kebijakan Mutu

Kebijakan Mutu Dept. SIL adalah sbb.
  1. Penjaminan mutu pada tingkat departemen ditangani oleh Gugus Kendali Mutu (GKM) departemen yang diketuai oleh sekretaris departemen sesuai acuan, yaitu Manual Sistem Penjaminan Mutu IPB. Penjaminan mutu diarahkan untuk mencapai sasaran mutu yang disepakati melalui proses belajar mengajar yang sebaik-baiknya. 
  2. Sasaran mutu ditetapkan pertama-tama dengan melalui serangkaian diskusi secara terbatas diantara staf pendidik dan kemudian disosialisasikan kepada seluruh staf pendidik dan kependidikan. Sosialisasi dilakukan utamanya melalui forum informal Rabuan atau saat rehat tengah hari.
  3. Dalam pelaksanaannya Gugus Kendali Mutu bekerja secara aktif dengan berusaha membangun komunikasi yang baik dengan staf pendidik dan tenaga kependidikan dalam rangka penjaminan mutu departemen. Hal-hal yang terkait dengan sasaran mutu diungkapkan kembali kepada staf pendidik dengan harapan agar setiap staf pendidik dan kependidikan menyadari butir-butir sasaran mutu departemen sehingga sasaran tersebut dapat tercapai sesuai target waktu.
  4. Gugus Kendali Mutu (GKM) mengacu pada Penjaminan Mutu tingkat Fakultas (GPM) dan Penjaminan Mutu tingkat Institut (KMM)
Kebijakan mutu tersebut kemudian dituangkan ke dalam beberapa aspek, antara lain peningkatan kualitas kurikulum, peningkatan kualitas proses perkuliahan dan penilaian, peningkatan kualitas dosen dan staf kependidikan, peningkatan kualitas sarana, prasarana dan manajemen, peningkatan kualitas kegiatan mahasiswa, peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian dan peningkatan kerjasama.
 
 
 
 

Last Updated on Friday, 19 February 2016 10:04

Sejarah Singkat

Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan FATETA-IPB berdiri berdasarkan SK Rektor IPB No.001/I3/OT/2008 tanggal 21 Januari 2008 dan menawarkan Mayor Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL). Berdasarkan SK Rektor IPB Nomor 077/IT3/DT/2012, Departemen SIL berhak meluluskan mahasiswa dengan menggunakan gelar Sarjana Teknik (ST) yang merupakan gelar Sarjana Teknik pertama di IPB.

Mayor Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL) memberikan fondasi yang kuat kepada lulusannya untuk bekerja di berbagai bidang profesi Teknik Sipil dan Lingkungan, seperti di bidang struktur, infrastruktur, teknik sumber daya air, teknik lingkungan dan teknik geomatika.

Mandat Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL) adalah: pengembangan dan penerapan ilmu teknik untuk perencanaan dan pengelolaan sumberdaya air, infrastruktur dan bangunan, serta penanganan polusi dan sanitasi lingkungan.  Guna melaksanakan mandat tersebut, Departemen SIL memiliki 4 bagian, yaitu:

  1. Teknik Struktur dan Infrastruktur

Mandat: Pengembangan dan penerapan ilmu teknik dalam perencanaan (planning), rancang bangun (design) serta pengelolaan (management) struktur dan infrastruktur

  1. Teknik Lingkungan

Mandat: Pengembangan dan penerapan ilmu teknik untuk mencegah (preventing), mengurangi (reducing), dan menangani (treating) polusi udara, air dan tanah serta memperbaiki kualitas sanitasi lingkungan

  1. Teknik Sumberdaya Air

Mandat: Pengembangan dan penerapan ilmu teknik dalam perencanaan (planning), rancang bangun (design) dan pengelolaan (management) sumberdaya air beserta bangunan-bangunannya

  1. Teknik Geomatika

Mandat: Pengembangan dan penerapan ilmu teknik geomatika untuk perencanaan (planning), perancangan (design), analisis dan evaluasi di bidang teknik sipil dan lingkungan

Last Updated on Friday, 19 February 2016 10:15

Struktur Organisasi

Sturktur organisasi Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan adalah sebagai berikut.

Last Updated on Saturday, 08 April 2017 16:01

Profil Pimpinan

Ketua Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL) tahun saat ini dijabat oleh Ibu Dr. Ir. Nora H. Pandjaitan, DEA atau  biasa disebut Bu Nora. Beliau merupakan dosen di Divisi Teknik Sumberdaya Air. Beliau merupakan alumni dari Institut Pertanian Bogor, jurusan Mekanisasi Pertanian IPB. Setelah itu, melanjutkan studi S2 dan S3 di Universite de Nancy II, Perancis. Beliau meneruskan kepengurusan Ketua Departemen sebelumnya, Prof. Dr. Ir. Budi Indra Setiawan, M.Agr yang mengundurkan diri karena ditunjuk oleh Menteri Pertanian RI menjadi Tenaga Ahli Menteri bidang Infrastruktur Pertanian. Semoga dengan ditunjuknya Bu Nora sebagai Ketua Departemen yang baru dapat memajukan departemen SIL.

Last Updated on Friday, 19 February 2016 10:15

More Articles...

Created and designed by YCW