Program Studi S2

Profil Prodi S2

Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL) juga menyelenggarakan pendidikan strata S2 (Program Pascasarjana) dengan Mayor Teknik Sipil dan Lingkungan. Program S2 SIL telah dimulai sejak ditetapkan pada 22 Maret 2007 ( SK Rektor no 027/KI3/2007) di bawah Departemen Teknik Pertanian. Setelah ditetapkannya Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan pada Fakultas Teknologi Pertanian, maka Program S2 SIL kemudian bergabung ke Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan mulai tahun ajaran 2009/2010.  Mayor Teknik Sipil dan Lingkungan memberikan pondasi yang kuat kepada lulusannya untuk bekerja di berbagai bidang profesi Teknik Sipil dan Lingkungan, seperti di bidang struktur, infrastruktur, teknik sumber daya air, teknik lingkungan dan teknik geomatika.

Berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 004/BAN-PT/Ak-X/S2/V/2012, Program Magister Dept-SIL memiliki akreditasi C. Namun, saat ini kami sedang berupaya meningkatkan status akreditasi tersebut.

 

KOMPETENSI

  1. Mampu mengidentifikasi masalah di bidang struktur dan infrastruktur, sistem sanitasi lingkungan, sumberdaya air, dan pengembangan wilayah, merumuskan alternatif pemecahan masalah secara inter atau multi-disipliner, untuk merumuskan pemecahan masalah yang terbaik
  2. Mampu mengaitkan pengetahuan tentang struktur dan infrastruktur, sistem sanitasi lingkungan, sumberdaya air, dan pengembangan wilayah dengan berbagai permasalahan pembangunan nasional
  3. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya untuk melaksanakan dan mengevaluasi program yang berada di bawah tanggung jawabnya dengan memanfaatkan pengetahuan sumberdaya lahan dan air, struktur dan infrastruktur, serta polusi dan sanitasi lingkungan dalam sistem pengembangan wilayah

 

VISI

"Mewujudkan pendidikan pascasarjana yang bermutu, dan menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing, khususnya di bidang Teknik Sipil dan Lingkungan. Visi tersebut ditetapkan untuk rentang waktu sampai dengan 2020."

 

MISI

Sesuai dengan visinya PS S2 Teknik Sipil dan Lingkungan mempunyai misi untuk:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi program pascasarjana yang berkualitas, yang secara efektif dan efisien mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dan mampu bersaing secara internasional.
  2. Memperkuat landasan keilmuan dengan mengembangkan IPTEKS melalui penelitian dasar, terapan dan strategis yang bersifat lanjut, mendalam dan lintas disiplin, untuk berkontribusi dalam pembangunan nasional yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan
  3. Meningkatkan secara terus menerus mutu penyelenggaraan pendidikan untuk memberikan layanan yang terbaik kepada seluruh pemangku kepentingan.
  4. Menjalin jejaring (network) dengan berbagai institusi, baik di dalam maupun di luar negeri.

 

TUJUAN

Untuk mencapai visi dan misi maka ditetapkan tujuan dari PS S2 SIL yaitu:

  1. Menghasilkan lulusan pascasarjana yang relevan dengan kebutuhan bangsa dan berkompeten di bidang Teknik Sipil dan Lingkungan, yang berkemampuan IPTEKS lanjut, bermoral tinggi, memiliki jiwa kepemimpinan, dan memiliki daya saing yang tinggi di pasar tenaga kerja global.
  2. Mengembangkan dan memanfaatkan hasil penelitian di bidang teknik sipil dan lingkungan dalam memperkaya proses pendidikan dan berkontribusi terhadap pembangunan nasional.
  3. Membangun dan meningkatkan jejaring kerja nasional dan internasional.

 

Last Updated on Saturday, 08 April 2017 16:17

Kurikulum Program Magister Departemen SIL IPB Tahun 2014

Kurikulum Tanpa Penyesuaian SKS Tesis Program Pascasarjana Dept. SIL IPB adalah sebagai berikut.

 

Last Updated on Monday, 25 April 2016 11:05

Silabus Mata Kuliah S2

SILABUS MATA KULIAH

 

SIL  501

Pemodelan Matematika Untuk Bidang Teknik

3(2-3) 1

Formulasi model-model matematika dalam bentuk persamaan diferensial parsial, logika fuzi dan jaringan saraf tiruan yang berkaitan dengan bidang Teknik serta pemecahan dan simulasinya menggunakan metoda analitik dan numerik.

SIL  511 

Geoteknik

3(2-3) 2

Pengertian geoteknik, mekanika tanah, karakteristik  dasar tanah, air di dalam tanah, hubungan tegangan-regangan, distribusi tegangan, kekuatan tanah, konsolidasi tanah, tekanan tanah dan stabilitas lereng serta bendungan.

SIL 512

Teknik Konstruksi Bangunan I

2(2-0) 1

Mempelajari sistem konstruksi bangunan, gaya aksial dan lentur pada elemen bangunan, struktur kayu, beton dan baja, aplikasi rekayasa konstruksi dengan paket program komputer SAP 2000.

SIL  531

Ekohidrolika

2(2-0) 2/3

Prinsip dan konsep eko-hidrolika; dinamika aliran pada sistem saluran terbuka dan sistem pipa; pengembangan parameter teknik pada perancangan infrastruktur berbasis eko-hidrolika; morfologi dan karakteristik sungai;  riparian dan konsep restorasi sungai; penelusuran hidrolika aliran sungai; pengendalian daya rusak air dan menyusun model fisik bangunan air, termasuk untuk water recycle dan reuse.

SIL  590

Metodologi Penelitian

3(2-3) 2

Metoda penelitian di bidang keteknikan yang meliputi perencanaan eksperimen, pendefinisian problema fisik-matematik, analisis kesalahan, seleksi dan penggunaan instrumen, pelaksanaan eksperimen, analisis dan interpretasi data, optimasi parameter, penghalusan data, metoda untuk penelitian, serta contoh-contoh permasalahan dan pemecahannya di dalam bidang Teknik Sipil dan Lingkungan. 

SIL  611

Manajemen Proyek Konstruksi

2(2-0) 2/3

Konsep-konsep dasar bagi para (calon) pemilik proyek, engineer, arsitekur, dan pengembang proyek bangunan dalam melaksanakan pekerjaan proyeknya secara aktual, meliputi : hubungan timbal-balik cost dan benefit, optimalisasi kinerja proyek, fragmentasi manajemen proyek di antara berbagai spesialisasi keahlian, perbaikan produktivitas proyek, serta kualitas pekerjaan dan kinerjanya.

SIL  612

Teknik Konstruksi Bangunan II

2(2-0) 2/3

Analisis matriks struktur bangunan, pemrograman komputer mengenai metode perpindahan  (displacement/stiffness method), penggunaan program-program analisis grafis, metode-metode solusi, kesalahan (error) dan akurasi, prosedur-prosedur analisis khusus, kerja virtual dalam analisis matriks, dan pengenalan metode-metode analisis non-linier.

SIL  613

Advanced Green Building

2(2-0) 2/3

Memberikan pengetahuan teknik-teknik serta inovasi  untuk menyelaraskan  antar pembangunan konstruksi dengan  sumber daya yang terbatas secara cerdas dalam mendisain bangunan dan infrastruktur agar berkelanjutan. Dalam mata kuliah ini diberikan pengetahuan tentang efisiensi  energi, material, proses-proses, siklus dan sistem yang  relevan dan interaksinya dengan pembuatan konstruksi bangunan dan infrastruktur berkelanjutan.

SIL  621

Bangunan dan Lingkungan

2(2-0) 2

Kegiatan konstruksi dan perubahan kualitas lingkungan; aplikasi LCA dalam pemilihan material konstruksi; bising lingkungan dan struktur peredam bising; temperatur, kelembaban dan cahaya dalam bangunan; udara dalam ruang; ventilasi ruang; bangunan ramah lingkungan (green building); sistem plambing dan pengolahan limbah cair skala kecil dalam bangunan; hubungan antara bangunan, kualitas lingkungan dan penyakit (building-associated illness); sistem plambing dan pengolahan limbah cair skala kecil dalam bangunan; bangunan ramah lingkungan (green building); studi kasus/disain.

SIL  622

Polusi dan Sanitasi Lingkungan

2(2-0) 1

Masalah polusi dan ruang lingkup sanitasi lingkungan; pengertian polusi lingkungan; mekanisme terjadinya polusi dan penyebaran polutan; standar kualitas lingkungan (ambien dan efluen); polusi tanah dan air tanah, polusi air permukaan dan polusi udara; teknologi sanitasi lingkungan yang mencakup pengolahan air bersih, air limbah dan pengelolaan sampah padat perkotaan; polusi udara (tinjauan umum dan penanganan emisi sumber); pengelolaan kualitas udara; pengelolaan bahan beracun dan berbahaya (B3) dan limbah B3.

SIL 623

Sistem Manajemen Lingkungan

2(2-0) 2/3

Memperkenalkan berbagai jenis sistem manajemen suatu organisasi (organisasi perusahaan atau organisasi publik) untuk secara sistemik mencegah,        mengendalikan dan menanggulangi aspek dan dampak lingkungan akibat kegiatan, produk atau jasa yang dilakukannya.  Prinsip dasar, fungsi, manfaat, standar dan aplikasi berbagai macam sistem manajemen lingkungan untuk suatu organisasi, seperti sistem manajemen lingkungan ISO 14001, ekolabel, dan produksi bersih. 

SIL 624

Praktikum Teknik Lingkungan

2 (0-6) 2/3

Kegiatan pengukuran di laboratorium dan lapangan yang mencakup parameter kualitas udara, kebisingan lingkungan, kualitas air bersih dan air limbah; identifikasi dan karakterisasi limbah padat serta bahan beracun dan berbahaya (B3). 

SIL 625

Rekayasa Lingkungan Pertanian

2(2-0) 2/3

Pencemaran dan polusi yang terjadi di rural area, manajemen lingkungan biofisik untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan potensi pemanasan global akibat kegiatan pertanian, siklus dan stok karbon, pemantauan lingkungan pertanian dan teknik untuk mereduksi dampak negatif pencemaran dari kegiatan pertanian ke lingkungan dan sebaliknya. 

SIL 626

Analisis dan Pengelolaan Dampak Lingkungan

2(2-0) 2/3

Hubungan antara kegiatan pembangunan dan perubahan kualitas lingkungan; Teknik analisis dampak lingkungan, meliputi dampak kegiatan terhadap perubahan kualitas lingkungan yang mencakup komponen fisik-kimia lingkungan (iklim, kualitas udara, kebisingan, fisiografi dan geologi, kualitas air) dan komponen biologi (flora dan fauna, biota perairan, plankton, benthos dan nekton). 

SIL  532

Teknik Konservasi Sumber Daya Lahan dan Air

2(2-0) 1

Pengertian konservasi sumber daya lahan dan air; Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) dan analisis daya dukung sumber daya air  dalam perencanaan tata ruang; pengertian dan dampak erosi; perhitungan erosi serta teknik konservasi khususnya secara mekanik; perencanaan dan desain teras; teknik pengendalian daya rusak air dan bangunan-bangunan hidroliknya (saluran pembuangan, bangunan peredam, bangunan pelimpah, tanggul, reservoir dan bangunan pengendali sedimen).

SIL636

Teknik Suplai Air

2(2-0) 2/3

Pengertian Sistem Suplai Air Bersih (SAB) , teknik pengembangan sumber air baku, desain dam dan reservoir, kualitas air baku dan air bersih, rancangan bangunan penangkap mata air, rancangan sistem pengaliran, jaringan perpipaan distribusi, neraca air bersih.

SIL638

Teknik Pengelolaan Sumber Daya Air

2(2-0) 2/3

Ruang lingkup; pemograman linear/ non linear dan dinamika sistem dalam  menjaga daya dukung dan ketersedian air untuk memenuhi berbagai kebutuhan; pengertian dan konsep pengelolaan SDA terpadu (integrated water resources management); perencanaan dan pengelolaan yang berkelanjutan, sistem evaluasi dan monitoring; analisis kebijakan penyediaan air.

SIL638

Teknik Pendayagunaan Sumber Daya Air

2(2-0) 2

Pengertian dan lingkup pendayagunaan sumberdaya air (irigasi, drainase, suplai air bersih dan tujuan lainnya), kebutuhan air  untuk pertanian, industri dan domestik,  Teknologi dan prasarana irigasi dan drainase, kelebihan dan kekurangannya.   Perencanaan, rancangan, operasi dan pemeliharaan sistem irigasi gravitasi, irigasi curah, dan irigasi tetes.  Prinsip-prinsip teknik drainase.  Hidrolika aliran permukaan dan bawah permukaan. Rancangan drainase permukaan dan bawah permukaan (tata letak dan dimensi bangunan hidrolik).   Sistem pemanenan hujan (rain harvesting) dan teknik peresapan air limpasan 

SIL635

Pemodelan Hidrologi

2(2-0) 2/3

Pengertian mengenai konsep dan metode pemodelan hidrologi, karakteristik fisik DAS, konsep liniaritas, proses-proses hidrologi di permukaan, di saluran serta di bawah permukaan dan pemodelannya, penggunaan model hidrologi untuk memprediksi peristiwa hidrologi yang sama di DAS yang lain.

SIL646

Perancangan Green Infrastructure Untuk Pengembangan Perdesaan

2(2-0) 2/3

Pengertian dan konsep tentang perencanaan wilayah untuk pembangunan wilayah yang berkelanjutan. Ciri-ciri pengembangan wilayah termasuk wilayah perdesaan dan perkotaan. Perencanaan wilayah khusus (seperti kawasan agropolitan, kawasan pengembangan ekonomi terpadu, kawasan andalan). Penilaian dan analisis untuk perencanaan wilayah berdasarkan aspek spasial. Monitoring dan evaluasi pengembangan wilayah.

SIL642

Sistem Informasi Geografis Untuk Teknik Sipil dan Lingkungan

2(2-0) 1

Sistem proyeksi peta dan koordinat, penyiapan dan analisis data spasial serta aplikasi Sistem Informasi Geografis di bidang Teknik Sipil dan Lingkungan.

SIL 643

Pemodelan dan Visualisasi Untuk Analisis Spasial

2(2-0) 2/3

Pengetahuan pemodelan berbasis analisis spasial yg meliputi analisis visual permukaan bumi, operasi spasial termasuk overlay, operasi cluster dan jaringan; serta pemodelan spasial untuk pengembangan prasarana wilayah.

SIL 644

Analisis Dinamika Spasial Untuk Hidrologi

3 (2-3) 2/3

Analisis dinamika spasial  yang mempengaruhi proses hidrologi untuk pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan serta untuk pengembangan wilayah.

SIL 645

Desain Proyek Terpadu

1 (0-3) 2/3

Perancangan terpadu suatu proyek di bidang Teknik Sipil dan Lingkungan.

Last Updated on Monday, 25 April 2016 11:06

Jadwal Kuliah SIL S2

Berikut adalah jadwal kuliah program pascasarjana Dept-SIL semester genap tahun ajaran 2015/2016.

(klik gambar untuk memperbesar ukuran)

Last Updated on Monday, 25 April 2016 11:13

More Articles...

Created and designed by YCW