Profil Alumni S2

Berikut kami tampilkan profil singkat alumni mahasiswa pascasarjana dari Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan.

Nama Lengkap

:

Yudith Vega Paramitadevi

Nama Panggilan

:

Vega

Tempat, Tanggal Lahir

:

Surakarta, 30 Juli 1985

Pendidikan Terakhir   

:

S2 pada Dept. Teknik Sipil dan Lingkungan, Fateta IPB

Pengalaman kerja

:

HSE Spv pada PT Garudafood Putra Putri Jaya Pati (2007-2008)

 

 

Junior Technical Consultant pada GIZ-BLH Provinsi Jawa Tengah (2008-sekarang)

 

 

Graduate Engineering Program pada Leighton Contractors (2008-mid 2009)

 

 

Dosen pada Program Diploma IPB  (2009 – sekarang)

Untuk profil alumni S2 kali ini, kami akan membahas salah satu alumni kami yang punya daya juang dan semangat belajar yang tinggi. Beliau adalah Yudith Vega Paramitadevi atau biasa dipanggil Bu Vega. Beliau merupakan alumni dari Jurusan Teknik Lingkungan Universitas Diponegoro untuk kemudian melanjutkan studi di Dept. SIL tahun 2012.

Bu Vega memilih spesifikasi keahlian di bidang Teknik Lingkungan dibawah bimbingan Dr. Ir. Arief Sabdo Yuwono, M.Sc dan Dr. Ir. Meiske Widyawarti, M.Eng. Topik penelitian beliau yaitu pemodelan dispersi penyebaran polusi udara, dengan judul thesisnya yaitu Simulasi dan Validasi Model Dispersi Karbon Monoksida (CO) di Sekitar Pintu Tol Baranangsiang Bogor.

Lantas, apa yang membuat Bu Vega istimewa? Beliau adalah mahasiswa pertama dari angkatan 2012 yang lulus pertama kali dalam kurun waktu 20 bulan (kurang dari dua tahun). Selain itu, pada saat semester akhir (penelitian), beliau sedang mengandung 6 bulan. Namun, kehamilan bukan menjadi hambatan dalam menyelesaikan studi. Kegiatan penelitian, pembimbingan dan menyusun thesis tetap dilaksanakan sesuai target dan deadline yang disepakati. Dan yang lebih istimewa lagi, penelitian Bu Vega ini telah dipublikasikan di dua jurnal bertaraf internasional, yaitu Journal of Applied Environmental and Biological Sciences / JAEBS (Reuters Indexed) dan International Journal of Environmental Research (IJER).

Saat ini, beliau aktif mengajar di Program Keahlian Teknik dan Manajemen Lingkungan, Program Diploma IPB. Bu Vega adalah contoh yang baik bagi mahasiswa khususnya mahasiswa pascasarjana SIL bahwa kehamilan adalah bukan hambatan untuk menyelesaikan studi. Semoga, perjuangan beliau mampu menjadi inspirasi bagi mahasiswa pascasarjana SIL untuk menyelesaikan studi tepat waktu.

 

Selamat berjuang dan semoga sukses Bu Vega!

 

Last Updated on Monday, 25 April 2016 10:54

Created and designed by YCW