Profil Prodi S2

Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL) juga menyelenggarakan pendidikan strata S2 (Program Pascasarjana) dengan Mayor Teknik Sipil dan Lingkungan. Program S2 SIL telah dimulai sejak ditetapkan pada 22 Maret 2007 ( SK Rektor no 027/KI3/2007) di bawah Departemen Teknik Pertanian. Setelah ditetapkannya Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan pada Fakultas Teknologi Pertanian, maka Program S2 SIL kemudian bergabung ke Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan mulai tahun ajaran 2009/2010.  Mayor Teknik Sipil dan Lingkungan memberikan pondasi yang kuat kepada lulusannya untuk bekerja di berbagai bidang profesi Teknik Sipil dan Lingkungan, seperti di bidang struktur, infrastruktur, teknik sumber daya air, teknik lingkungan dan teknik geomatika.

Berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 004/BAN-PT/Ak-X/S2/V/2012, Program Magister Dept-SIL memiliki akreditasi C. Namun, saat ini kami sedang berupaya meningkatkan status akreditasi tersebut.

 

KOMPETENSI

  1. Mampu mengidentifikasi masalah di bidang struktur dan infrastruktur, sistem sanitasi lingkungan, sumberdaya air, dan pengembangan wilayah, merumuskan alternatif pemecahan masalah secara inter atau multi-disipliner, untuk merumuskan pemecahan masalah yang terbaik
  2. Mampu mengaitkan pengetahuan tentang struktur dan infrastruktur, sistem sanitasi lingkungan, sumberdaya air, dan pengembangan wilayah dengan berbagai permasalahan pembangunan nasional
  3. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya untuk melaksanakan dan mengevaluasi program yang berada di bawah tanggung jawabnya dengan memanfaatkan pengetahuan sumberdaya lahan dan air, struktur dan infrastruktur, serta polusi dan sanitasi lingkungan dalam sistem pengembangan wilayah

 

VISI

"Mewujudkan pendidikan pascasarjana yang bermutu, dan menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing, khususnya di bidang Teknik Sipil dan Lingkungan. Visi tersebut ditetapkan untuk rentang waktu sampai dengan 2020."

 

MISI

Sesuai dengan visinya PS S2 Teknik Sipil dan Lingkungan mempunyai misi untuk:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi program pascasarjana yang berkualitas, yang secara efektif dan efisien mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dan mampu bersaing secara internasional.
  2. Memperkuat landasan keilmuan dengan mengembangkan IPTEKS melalui penelitian dasar, terapan dan strategis yang bersifat lanjut, mendalam dan lintas disiplin, untuk berkontribusi dalam pembangunan nasional yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan
  3. Meningkatkan secara terus menerus mutu penyelenggaraan pendidikan untuk memberikan layanan yang terbaik kepada seluruh pemangku kepentingan.
  4. Menjalin jejaring (network) dengan berbagai institusi, baik di dalam maupun di luar negeri.

 

TUJUAN

Untuk mencapai visi dan misi maka ditetapkan tujuan dari PS S2 SIL yaitu:

  1. Menghasilkan lulusan pascasarjana yang relevan dengan kebutuhan bangsa dan berkompeten di bidang Teknik Sipil dan Lingkungan, yang berkemampuan IPTEKS lanjut, bermoral tinggi, memiliki jiwa kepemimpinan, dan memiliki daya saing yang tinggi di pasar tenaga kerja global.
  2. Mengembangkan dan memanfaatkan hasil penelitian di bidang teknik sipil dan lingkungan dalam memperkaya proses pendidikan dan berkontribusi terhadap pembangunan nasional.
  3. Membangun dan meningkatkan jejaring kerja nasional dan internasional.

 

Last Updated on Saturday, 08 April 2017 16:17

Created and designed by YCW