• Gedung Fateta IPB, Dramaga, Bogor

  • 0251-8627225

  • sil@apps.ipb.ac.id

Post Details


Mahasiswa KKN-T SIL IPB Gotong Royong Membuat Zebra Cross dan Membersihkan Saluran Drainase Bersama Warga Desa Rancaseneng

21 Sep sil_ipb 0 Kabar . Mahasiswa . Pengabdian

Pandeglang, 9 Juli 2019 – Desa Rancaseneng terletak di Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang, Banten. Terdapat beberapa kampung di Desa Rancaseneng yaitu Kampung Cangkorewetan, Rancaseneng, Karangjongkeng, Babakan Cibaliung, dan Cileungsir Wetan. Adapun mayoritas mata pencaharian penduduk Desa Rancaseneng adalah petani.

Desa Rancaseneng memiliki sebuah pasar yang terpisah oleh jalan provinsi. Hampir setiap hari jalan provinsi di sekitar pasar ramai oleh warga sekitar. Jalan di sekitar pasar belum memiliki fasilitas penyeberangan khusus bagi pejalan kaki, sehingga pengguna jalan, baik pejalan kaki maupun pengendara kurang berhati-hati ketika melintas di jalan tersebut.

Berdasarkan kondisi tersebut, tim mahasiswa KKN-T SIL IPB 2019 mencoba membuat program perawatan jalan yang bertujuan untuk membuat fasilitas penyeberangan berupa zebra cross.

Pembuatan zebra cross dilakukan pada malam hari untuk menghindari kendaraan yang melintas. Langkah awal yang dilakukan yaitu mengambil data lebar jalan, membuat sketsa penyeberangan jalan untuk membuat zebra cross, dan terakhir adalah menutup sebagian jalan selama proses pengecatan zebra cross berlangsung.

Selain itu, mahasiswa KKN-T SIL IPB juga melakukan sosialisasi tentang keselamatan ketika berada di jalan agar masyarakat dapat lebih berhati-hati, khususnya ketika menyeberang jalan

Selain membuat zebra cross dan melakukan sosialisasi tentang keselamatan di jalan, mahasiswa KKN-T IPB juga melakukan kegiatan gotong royong bersama masyarakat sekitar untuk membersihkan saluran drainase.

Saluran drainase tersebut menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir di Desa Rancaseneng pada musim hujan. Hal ini dikarenakan masyarakat banyak yang membuang sampah sembarangan di sepanjang saluran drainase tersebut.

Kegiatan pembuatan zebra cross dan gotong royong membersihkan saluran drainase ini disambut baik oleh perangkat Desa Rancaseneng, khususnya oleh Ibu Kastirih, Lurah Desa Rancaseneng.

“Kegiatan positif seperti ini harus tetap kita jaga, terutama kegiatan gotong-royong untuk membersihkan saluran yang menjadi salah satu solusi dalam mengatasi banjir pada musim hujan. Kemudian, sekarang masyarakat Desa Rancaseneng menjadi lebih aman dan teratur dalam menyeberang karena sudah dibuatkan zebra cross oleh mahasiswa KKN-T IPB”, ucap Ibu Kastirih.

Berita oleh: Zuhal Yoga S. (F44160046), Mahasiswa SIL IPB Angkatan 53
Editor: Bagus Rahmansyah P. (F44150012), Mahasiswa SIL IPB Angkatan 52

Related Blog News

Mahasiswa KKN-T SIL IPB Lakukan Perawatan dan

14 Oct sil_ipb 0

Pandeglang, 15 Juli 2019 - Desa Gerendong merupakan salah satu

Tim Mahasiswa SIL IPB Raih Juara Harapan

27 Sep sil_ipb 0

Yogyakarta, 14 September 2019 - Tim AK4 Sondir, yang beranggotakan

Leave a comment