• Gedung Fateta IPB, Dramaga, Bogor

  • 0251-8627225

  • sil@apps.ipb.ac.id

Post Details


Mahasiswa KKN-T SIL IPB Lakukan Perawatan dan Pemeliharaan Saluran Drainase bersama Warga di Desa Gerendong, Pandeglang

14 Okt sil_ipb 0 Kabar . Mahasiswa . Pengabdian

Pandeglang, 15 Juli 2019 – Desa Gerendong merupakan salah satu desa yang terletak di Kabupaten Pandeglang, Banten. Salah satu infrastruktur yang telah dibangun di Desa Gerendong adalah saluran drainase lingkungan. Saluran drainase lingkungan dibangun dengan tujuan untuk mengalirkan kelebihan air di sekitar desa ke sungai terdekat.

Kondisi saluran drainase di Desa Gerendong banyak yang mengalami kerusakan sehingga tidak berfungsi secara optimal. Selain itu, adanya semak-semak atau rerumputan di sekitar saluran drainase juga menjadi salah satu faktor terhambatnya air mengalir ke sungai sehingga terjadi luapan di beberapa titik.

Kondisi ini membuat mahasiswa KKN-T SIL IPB tergerak untuk melakukan program perawatan dan pemeliharaan saluran drainase lingkungan bersama warga Desa Gerendong.

Program ini dilakukan di 2 kampung, yaitu Kampung Kalanganyar Kebon dan Kalanganyar Pasir. Program ini dilakukan oleh mahasiswa KKN-T SIL IPB bekerjasama dengan Kementerian PUPR dan warga Desa Gerendong.

Program ini diawali dengan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat di dua kampung tersebut, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan gotong-royong pada hari berikutnya. Program ini dilakukan pada tanggal 12 dan 14 Juli 2019. Dalam program ini, sepanjang 300 m (dari 1250 m) saluran drainase lingkungan yang terdapat di Kampung Kalanganyar Kebon dan Kalanganyar Pasir, Desa Gerendong telah dibersihkan. (/brp)

Berita oleh: I Wayan W. A. (F44160032), Mahasiswa SIL IPB Angkatan 53

Related Blog News

Tim Mahasiswa SIL IPB Raih Juara Harapan

27 Sep sil_ipb 0

Yogyakarta, 14 September 2019 - Tim AK4 Sondir, yang beranggotakan

Mahasiswa KKN-T SIL IPB di Desa Nanggala,

27 Sep sil_ipb 0

Pandeglang, 2 Juli 2019 – Mahasiswa KKN-T SIL IPB 2019

Leave a comment