• Gedung Fateta IPB, Dramaga, Bogor

  • 0251-8627225

  • sil@apps.ipb.ac.id

Post Details


Mahasiswa SIL IPB Sosialisasikan Pembuatan Paving Block dari Campuran Sampah Plastik di Kampung Cipapais, Pandeglang

29 Jul sil 0 Kabar . Mahasiswa . Pengabdian

Berita oleh: Fazrina Andriani (F44160051), Mahasiswa SIL IPB Angkatan 53
Editor: Bagus Rahmansyah P. (F44150012), Mahasiswa SIL IPB Angkatan 52

Pandeglang, 23 Juli 2019 – Mahasiswa SIL IPB yang sedang melakukan program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) di Kampung Cipapais, Kelurahan Kadumerak, Kecamatan Karangtanjung, Kabupaten Pandeglang melakukan sosialisasi pembuatan paving block dari campuran sampah plastik.

Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 40 orang warga kampung Cipapais. Warga yang hadir cukup antusias mengikuti kegiatan ini.

Pembuatan paving block dari campuran sampah plastik ini menggunakan bahan utama berupa sampah plastik yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, seperti bungkus jajanan, minuman, dan sisa rumah tangga. Sampah plastik dicacah/dipotong menjadi berukuran sangat kecil hingga menyerupai pasir. Menurut hasil penelitian, penambahan campuran sampah plastik sebesar 10% dapat meningkatkan kekuatan paving block sekitar 35%.

Tujuan dari diadakannya kegiatan sosialisasi ini adalah agar masyarakat, khusunya warga Kampung Cipapais dapat memanfaatkan kembali sampah di sekitarnya, menjadi seperti paving block.

“Kegiatan sosialisasi ini sangat bermanfaat untuk diterapkan di Kampung Cipapais, mengingat belum adanya tempat pembuangan sampah dan kebiasaan masyarakat yang masih membuang sampah di sungai maupun di hutan serta jalan di Kampung Cipapais yang beberapa masih belum menggunakan aspal. Melalui kegiatan sosialisasi ini dapat membantu warga dalam menjadikan sampah sebagai sesuatu yang bermanfaat”, Ujar Pak Cecep selaku Kepala RW 06 Kelurahan Kadumerak.

“Keren juga ya kalau sampah jajanan anak-anak bisa dijadikan paving block, biasanya sampah di rumah hanya dibakar saja, ini bisa dijadikan paving block dan dapat mengurangi biaya dalam pembuatannya”, ucap Pak Yahya, salah satu warga Kampung Cipapais.

Related Blog News

Aksi Nyata Mahasiswa KKN-T SIL IPB dalam

07 Aug sil 0

Berita oleh: Virda Maharani (F44160009), Mahasiswa SIL IPB Angkatan 53Editor:

Puluhan Anak-Anak Hingga Remaja di Desa Karangsetra,

26 Jul sil 0

Berita oleh: Emir Aulia (F44160023), Mahasiswa SIL IPB Angkatan 53Editor:

Leave a comment