• Gedung Fateta IPB, Dramaga, Bogor

  • 0251-8627225

  • sil@apps.ipb.ac.id

Pelayanan Akademik

Panduan Pelayanan Administrasi AK dan Pengajuan SKL S1 FATETA

1.     Persyaratan

Persyaratan administrasi dan akademik mengikuti prosedur operasional baku (POB) yang selama ini sudah dilaksanakan, yaitu status mahasiswa aktif (lunas SPP dan sudah mengisi KRS), kelengkapan dokumen, dan bukti capaian akademik.

2.     Pelayanan Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan

  • Mahasiswa mengajukan administrasi akademik dan kemahasiswaan secara online melalui https://bit.ly/Surat_AK_Fateta
  • Fakultas memeriksa kelangkapan persyaratan dan memverifikasi data berdasarkan SIMAK.
  • Fakultas memproses pengajuan administrasi akademik dan kemahasiswaan untuk mahasiswa yang telah memenuhi
  • Mahasiswa menerima surat elektronik yang diminta dalam bentuk pdf file melalui e- mail atau WhatsApp (WA).

3.     Penerbitan Surat Keterangan Lulus

  • Mahasiswa dapat mengajukan Surat Keterangan Lulus (SKL) setelah memiliki persyaratan untuk di-upload, yaitu salinan atau hasil scan dalam format pdf:
    1. Ijazah SMA/SMU.
    2. Transkrip kumulatif.
    3. Slip pembayaran SPP dua semester atau rekap pembayaran
    4. Persetujuan naskah skripsi dari dosen pembimbing. Bukti dapat berupa scan atau screenshoot lembar pengesahan skripsi yang sudah ditandatangani (dengan tanda tangan elektronik), pesan e-mail atau
    5. Abstrak
    6. Naskah
    7. Bebas pustaka dari Perpustakaan IPB. Bukti dapat berupa surat pernyataan mahasiswa akan menyelesaikan bebas
    8. Dokumen-dokumen lain yang disyaratkan oleh
  • Mahasiswa mendaftar pengajuan penerbitan SKL secara online ke Fakultas melalui https://bit.ly/SKL_Fateta, dengan melengkapi seluruh persyaratan administratif, file pdf naskah skripsi, dan bukti persetujuan naskah skripsi oleh dosen
  • Komisi Pendidikan/Bagian Akademik/Tata Usaha di Departemen dan Fakultas memverifikasi seluruh persyaratan
  • Mahasiswa mengisi survei kepuasan mahasiswa/wisudawan melalui https://bit.ly/Kepuasan_Wisudawan_Fateta
  • Fakultas menerbitkan SKL dari SIMAK, dengan disetujui Dekan (atau Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan n. Dekan). Tanggal pengajuan SKL dengan persyaratan lengkap oleh mahasiswa ke Fakultas akan dicatat sebagai tanggal lulus.
  • Softcopy SKL akan dikirim ke lulusan melalui e-mail. SKL ini dapat digunakan untuk mendaftar wisuda ke
  • Setelah periode Pembatasan Masuk Kampus IPB berakhir, mahasiswa harus mengurus pengesahan dokumen asli skripsi dan mendistribusikan ke pihak-pihak yang telah ditentukan, mengurus bebas pustaka dan dokumen lainnya yang disyaratkan oleh Departemen.
  • Lulusan dapat mengambil hardcopy SKL di Fakultas pada jam kerja setelah periode Pembatasan Masuk Kampus IPB berakhir, dengan menyerahkan dokumen yang disyaratkan oleh Departemen, bukti bebas pustaka, lembar pengesahan skripsi yang sudah disetujui, bukti penyerahan dan distribusi naskah skripsi asli ke pihak-pihak yang telah ditentukan.

Keterangan Bebas Pinjam Peralatan Laboratorium

Hanya untuk Mahasiswa Departemen SIL link

Link Bebas Lab diluar Departemen SIL :

  1.  Departemen TMB link
  2.  Departemen TIN link
  3.  Departemen ITP link
  4.  Departemen SIL link