• Gedung Fateta IPB, Dramaga, Bogor

  • 0251-8627225

  • sil@apps.ipb.ac.id

Post Details


SIL IPB dan CEE Ehime University Jalin Kerjasama dalam Bidang Research Collaboration

30 Agu sil_ipb 0 Kabar . Kerjasama . Kunjungan

Sebagai bagian dari rangkaian Sakura Exchange Program in Science pada 19-25 Agustus 2019 di Ehime University (tepatnya di Matsuyama, Ehime Prefecture, Jepang), Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL) IPB berkesempatan melakukan diskusi dengan Department of Civil and Environmental Engineering (CEE) dari Ehime University guna membahas kerjasama mendatang antara kedua departemen tersebut.

beberapa orang yang hadir pada diskusi ini di antaranya adalah Dr. Nora H. Pandjaitan (Chair of SIL IPB), Dr. Eng. Heriansyah Putra (SIL IPB), Prof. Nakahata (Head of CEE Department), Dr. Kawaai (Secretary of CEE Department), Prof. Watanabe (Head of International Relationship, Dept. of CEE), serta Prof. Yasuhara (Head of International Relationship and collaboration Faculty of Engineering). Kesempatan ini diawali dengan mempromosikan masing-masing departemen dan universitas, yang kemudian dilanjutkan dengan diskusi kerjasama mendatang antara kedua departemen.

Pada tahun ini, CEE Ehime University dan SIL IPB sudah memulai kerjasama melalui program Sakura Science yang diikuti oleh 10 Mahasiswa dari IPB dengan 1 Dosen pendamping. Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 minggu, dari tanggal 19 – 25 Agustus 2019. Untuk kegiatan pada tahun ini yang bertindak sebagai host adalah Rock Mechanic Laboratory di bawah bimbingan Prof. Hideaki Yasuhara.

Beberapa peluang kerjasama kedepan yang dapat dilakukan, antara lain adalah Research Collaboration. Mahasiswa semester 8 SIL IPB dapat melakukan penelitian di Ehime University selama 3-4 bulan mulai Januari/Februari hingga Mei/Juni.

Dalam pelaksanaan teknisnya, untuk memulai kegiatan ini perlu dilakukan seminar atau video conference guna berkenalan serta berdiskusi mengenai topik penelitian. Kegiatan ini dapat dilakukan pada bulan Februari-April 2020. Selain itu, terdapat peluang kerjasama lain, diantaranya adalah Visiting Professor. Kegiatan ini berupa kunjungan Professor dari Ehime University ke IPB sebagai visiting professor dan memberikan kuliah tamu di IPB.

Dengan adanya kerjasama seperti ini, semoga SIL IPB semakin maju kedepannya.

Related Blog News

Mahasiswa KKN-T SIL IPB Lakukan Perawatan dan

14 Okt sil_ipb 0

Pandeglang, 15 Juli 2019 - Desa Gerendong merupakan salah satu

Tim Mahasiswa SIL IPB Raih Juara Harapan

27 Sep sil_ipb 0

Yogyakarta, 14 September 2019 - Tim AK4 Sondir, yang beranggotakan

Leave a comment